Breaking News:

Jaga Kesehatan Mental, Ini 7 Manfaat Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Seperti halnya tanaman di luar ruangan, tanaman hias dapat memberi efek positif pada kualitas udara, suasana hati, dan bahkan kesehatan mental kita.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
(SHUTTERSTOCK/Photographee.eu)
Ilustrasi tanaman hias di rumah. 

BANGKAPOS.COM - Mendekorasi rumah dengan tanaman hias menjadi tren yang semakin populer. Pun ternyata tanaman hias lebih dari sekadar menambahkan sedikit nuansa hijau ke ruangan, namun juga memberikan berbagai manfaat fisik dan mental.

Meskipun manfaat terpapar alam sudah banyak diketahui, ternyata seperti halnya tanaman di luar ruangan, tanaman hias dapat memberi efek positif pada kualitas udara, suasana hati, dan bahkan kesehatan mental kita.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (17/7/2021), berikut beberapa manfaat mendekorasi rumah dengan tanaman hias.

1. Tanaman dapat membersihkan udara
Tanaman sangat baik dalam menghilangkan racun dari udara dan selanjutnya meningkatkan kualitas udara.

Studi NASA telah menemukan bahwa tanaman dapat menghilangkan lebih dari 80 persen senyawa organik volatil (VOC) setiap 24 jam.

VOC adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan di banyak barang rumah tangga seperti cat, karpet, mainan, dan lainnya yang menguap dan mengganggu kualitas udara, yang dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penghuninya.

VOC umum termasuk formaldehida, aseton, etanol, butanol, dan benzena, yang semuanya dapat ditemukan di bangunan modern yang dikontrol iklim. Satu tanaman besar, atau dua tanaman kecil, per 9,2 meter persegi direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas udara secara nyata.

2. Membantu meningkat mood
Tanaman juga dapat berdampak positif pada suasana hati Anda. Sebuah penelitian telah menunjukkan hubungan antara peningkatan suasana hati dan keberadaan tanaman.

Satu studi menemukan bahwa interaksi aktif dengan tanaman, dan bahkan tanah pot, dapat membantu mengurangi stres sehari-hari. Ini berkat mikroba kecil bernama "outdoorphins" yang ada di tanaman dan tanah yang bertindak sebagai antidepresan alami.

3. Meningkatkan produktivitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman hias membantu meningkatkan produktivitas sebanyak 70 persen, yang telah membuat lansekap interior sangat populer di tempat kerja.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved