Breaking News:

Berita Sungailiat

Ikan Toman Panjang Satu Meter Masuk Waring Hebohkan Warga Sungailiat

Ikan Toman (Canna Micropeltes) ukuran jumbo dengan panjang hampir 1 meter dan berat sekitar 8-9 kg masuk jebakan  waring ikan warga.

Penulis: edwardi | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Edwardi
Ikan Toman dengan panjang hampir 1 meter berhasil ditangkap Agus, warga Jalan Batako Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ikan Toman (Canna Micropeltes) ukuran jumbo dengan panjang hampir 1 meter dan berat sekitar 8-9 kg berhasil masuk jebakan  waring ikan di lokasi budidaya ikan air tawar Kolong Grasi Sungailiat.

Ikan Toman dikenal sebagai ikan predator yang cukup ganas dengan gigi yang tajam.

Ikan Toman ukuran jumbo berwarna hitam dengan corak kekuning-kuningan ini cukup menarik perhatian warga sehingga cukup ramai untuk melihat dan mendatangi rumah Agus, warga Jalan Batako Sungailiat yang berhasil menangkapnya pada Kamis (29/07/2021).

"Ikan Toman ini saya tangkap dengan dijebak pakai waring tempat memelihara ikan lele, karena ikan Toman ini tidak mau makan umpan pancing, saat ikan ini muncul ke permukaan air lalu saya giring pakai kayu seser ikan dan ternyata si ikan Toman menurut lalu masuk ke dalam jebakan waring," kata Agus, Minggu (01/08/2021) di rumahnya Jalan Batako Sungailiat.

Diungkapkannya ikan Toman ini memang sudah sering muncul di sekitar waring-waring tempat budidaya ikan lele dan patin miliknya di Kolong Grasi Sungailiat.

"Ikan Toman ini juga sudah pernah  menjebol waring ikan lele saya sehingga banyak ikan lele yang lepas ke dalam kolong," ujar Agus.

Diungkapkannya, saat ini ikan Toman dipelihara di kolam semen samping rumahnya, rencananya akan dijual bila ada yang berminat membelinya dengan harga yang cocok.

"Memang sudah ada warga yang mau membelinya dengan harga Rp 300.000 namun saya belum melepasnya, saya juga sudah menawarkan ikan Toman ini di media sosial Komunitas Pecinta Canna dan ada yang berani menawarnya dengan harga Rp 800.000 namun si penawarnya belum datang ke sini," kata Agus.

Diungkapkannya saat ikan Toman ini dipelihara dalam kolam semen samping rumah, saat itu ada seekor kucing duduk di samping kolam dan ikan Toman ini meloncat untuk menangkap kucing itu namun si kucing berhasil lolos dan ikan Toman jatuh ke tanah keluar kolam.

"Karena itu bagian atas kolam semen ini saya tutup pakai kaca tebal bekas meja untuk menghindari jangan sampai ikan Toman ini meloncat lagi keluar kolam," imbuh Agus.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved