Breaking News:

Meski Baunya Menyengat, Jus Mengkudu Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Apa Saja?

Satu studi lainnya juga menemukan bahwa perokok berat yang minum jus mengkudu selama sebulan mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular

Editor: suhendri
Freepik.com
Mengkudu 

BANGKAPOS.COM - Mengkudu termasuk dalam buah yang memiliki khasiat bagi kesehatan.

Walau baunya menyengat, tetapi buah ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan timur.

Medical News Today mengungkapkan buah dengan kandungan antioksidan ini memiliki rasa pahit yang tumbuh dari pohon di Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan daerah tropis lainnya.

Sebuah studi ilmiah telah menemukan bahwa nutrisi pada mengkudu terbukti dapat meredakan nyeri sendi dan osteoartritis, memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, dan memberikan vitamin C untuk mendukung kekebalan tubuh.

Satu studi lainnya juga menemukan bahwa perokok berat yang minum jus mengkudu selama sebulan mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Secara khusus, itu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida.

Dalam studi terpisah yang menilai sekelompok non-perokok, jus mengkudu menyebabkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.

Ini tentu kabar yang baik untuk penderita hipertensi.

Buah ini juga bermanfaat mengatur gula darah dan metabolisme, mengurangi lemak dalam darah, serta mencegah penambahan berat badan dengan meningkatkan grehlin atau hormon yang memberi tahu tubuh bahwa kita kenyang.

Meski jus mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan, kita sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk diet.

Sebab, menurut beberapa penelitian, buah mengkudu tidak selalu ideal untuk pasien dengan masalah ginjal atau hati.

Namun, efek negatif dari mengkudu ini sering kali juga tidak secara khusus disebabkan oleh jus itu sendiri, melainkan karena interaksi antara buah mengkudu dan bahan lain yang juga dikonsumsi individu. (Kompas.com/Ryan Sara Pratiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Rajin Minum Jus Mengkudu Bisa Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved