Breaking News:

IAIN SAS Bangka Belitung Selenggarakan PBAK Online 2021

Panitia Pelaksana Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2021/2022 IAIN

Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN SAS Bangka Belitung, Dr. H. Janawi, M.Ag 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Panitia Pelaksana Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2021/2022 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan gladi pada hari ini, Selasa (31/8/2021).

Gladi merupakan optimalisasi persiapan Pelaksanaan PBAK 2021 menjadi PBAK kedua yang dilaksanakan Konsep Website Virtual Tour disertai beberapa pengembangan penting. Tema PBAK Tahun Akademik 2021/2021 mengusung "Terbinanya Mahasiswa Islam Menjadi Insan Ulil Albab yang Turut Menamkan Nilai-Nilai Keislaman dan  Keindonesian".  Karena kondisi kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaannya dilakukan secara daring atau online. Kegiatan tersebut bakal dilaksanakan Tanggal 1-3 September  2021.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr H Janawi, MAg mengatakan, kegiatan PBAK IAIN SAS Bangka Belitung  tahun 2021 digelar dalam Konsep Virtual Tour. Kegiatan PBAK berbasis online merupakan PBAK kedua, setelah Tahun Akademik 2020/2021. Program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) menjadi kegiatan rutin tahunan yang wajib dilaksanakan untuk mahasiswa baru dan bahkan mahasiswa lama yang belum ikut sebelumnya. 

Sebagai sebuah PTKIN, IAIN SAS Bangka Belitung mengoptimalisasi konsep dan persiapan pelaksanaan PBAK. Untuk memastikan fungsi dan program PBAK, panitia juga melakukan uji coba pelaksanaan PBAK hari Selasa mulai Pukul 08.00 WIB – 14.30 WIB.

"Harapan kita, PBAK online ini tidak mengurangi makna dan dapat diikuti oleh semua peserta, mahasiswa baru yang berjumlah 1020 orang," kata Janawi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa PBAK dilaksanakan selama 3 hari menggunakan virtual tour dan Program Live melalui zoom meeting. Beberapa materi wajib berupa membangun kesadaran beragama dan memperkuat moderasi beragama, peningkatan kapasitas wawasan kebangsaan dan anti radikalisme, dan pendidikan anti korupsi.

Selain itu, materi akan dimuat oleh materi tentang pengenalan kampus dan tugas dan fungsi kelembagaan mulai dari Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan lainnya termasuk materi-materi kefakultasan serta organisasi kemahasiswaan.

Janawi mengajak kepada semua peserta untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam mencari peluang-peluang untuk memajukan kelembagaan dengan cerdas, melakukan kolaborasi dan bersinergi dengan pihak lainnya.

Pendekatan Website Virtual Tour Website menjadi pilihan yang strategis, karena pembelajaran tatap muka belum dimungkinkan. Ke depan perkuliahan tatap muka akan dilakukan dengan syarat 70-80 persen warga kampus telah divaksin. Dalam konteks ini, kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi penting,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam kehidupan berbangsa  dan bernegara, mahasiswa dapat melakukan berbagai perubahan ke arah yang positif, baik cara berfikir maupun bertindak secara positif. Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung diharapkan dapat menjadi agent moderasi beragama dan pengembangan kapasitas wawasan kebangsaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved