Breaking News:

Kunci Jawaban Tema 1 Subtema 1 Kelas 5 SD Halaman 4, 5, 6, dan 7 Organ Gerak Hewan

Berikut ini adalah kunci jawaban dari buku tematik kelas 5 SD tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 tentang organ gerak hewan halama 4, 5, 6, dan 7.

Buku Tematik Tema 1 Kelas 5 SD
Tangkapan Layar Buku Tema 1 Kelas 5 SD 

BANGKAPOS.COM - Berikut ini adalah kunci jawaban dari buku tematik tema 1 kelas 5 SD subtema 1 pembelajaran 1 tentang organ gerak hewan.

Pada kali ini akan dibahas kunci jawaban dari soal soal halaman 4, 5, 6, dan 7. Simak pembahasannya.

Tanpa organ gerak, kita tidak bisa melakukan kegiatan apapun.

Ayo Membaca

Baca juga: Jarang Berhubungan Intim Bisa Bikin Penyakit, Kalau Rutin Ternyata Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

Baca juga: Rans Entertainment Kembali Rekrut Pegawai, Inilah Daftar Posisi Lowongan Kerja yang Dibuka

Organ Gerak Manusia dan Hewan

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Baca juga: Rans Entertainment Kembali Buka Lowongan Kerja, Gaji Karyawan Raffi Ahmad Bikin Melongo, PNS Lewat

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved