Breaking News:

Wajib Dipahami, Ini Penyebab Daun Tanaman Lidah Mertua Terkulai

Tanaman sansevieria atau yang lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua atau snake plant memiliki daun yang tinggi, ramping, dan agak tegak.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
dekoruma
Tanaman lidah mertua 

BANGKAPOS.COM - Tanaman sansevieria atau yang lebih dikenal dengan tanaman lidah mertua atau snake plant memiliki daun yang tinggi, ramping, dan agak tegak.

Tanaman ini memiliki daya tahan yang kuat karena hanya membutuhkan sedikit penyiraman dan perawatan.

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari Gardening Know How, Rabu (1/9/2021), jika tanaman lidah mertua Anda memiliki daun yang layu atau terkulai, itu merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Berikut beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab tanaman lidah mertua memiliki daun yang terkulai.

1. Penyiraman yang tidak tepat
Lidah mertua adalah tanaman sukulen dengan daun tebal yang menahan kelembapan. Sistem penyiraman bawaan ini memungkinkan tanaman untuk bertahan hidup di lingkungan aslinya, di daerah kering dan berbatu di daerah tropis Afrika Barat.

Seperti semua sukulen, tanaman ular rentan terhadap busuk akar dalam kondisi basah, dan daun tanaman ular yang terkulai sering terjadi saat tanaman terlalu banyak air.

Untuk mencegah tanaman lidah ibu mertua terkulai, siram tanaman ular hanya ketika bagian atas tanah 2 atau 3 inci (5-7,5 cm) benar-benar kering, lalu siram dalam-dalam sampai air mengalir melalui lubang drainase.

Meskipun kondisinya bervariasi, tanaman di dekat ventilasi panas atau jendela yang cerah akan membutuhkan air lebih sering. Namun, banyak orang menemukan bahwa penyiraman setiap dua atau tiga minggu sudah cukup.

Siram di sekitar tepi bagian dalam pot untuk menjaga daun tetap kering, lalu biarkan pot mengalir dengan bebas sebelum meletakkannya di piring drainase. Jangan menyiram lagi sampai bagian atas tanah kering.

Pada musim hujan, siram hanya ketika daun mulai terlihat sedikit lebih layu atau sekitar sebulan sekali.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved