Breaking News:

Ada Ciri Khasnya, Ini Cara Memilih Semangka Matang dan Manis

Untuk memilih semangka, Anda bisa memperhatikan tekstur kulit buahnya, baik warna maupun garis-garis motifnya.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
(Freepik)
Ilustrasi buah semangka 

BANGKAPOS.COM - Semangka memiliki kulit yang sangat tebal dan keras. Sehingga sangat sulit untuk menebak kematangan daging buahnya.

Jika tak pandai memilah, kita bisa mendapatkan semangka yang belum terlalu matang dengan daging buah yang belum merah ranum dan dengan rasa yang belum terlalu manis.

Semangka yang masih belum matang benar ini tentu saja mengecewakan. Agar tak selalu mendapatkan semangka yang masih mentah, Anda harus tahu cara memilah semangka yang benar.

Untuk memilih semangka, Anda bisa memperhatikan tekstur kulit buahnya, baik warna maupun garis-garis motifnya.

Dilansir dari Real Simple, berikut cara memilih semangka yang sudah matang:

1. Perhatikan garis-garis di permukaan kulitnya
Tingkat kematangan bisa dilihat dari warna kulit dan warna garis-garis yang menghiasi permukaan kulit semangka. Semakin matang buah, akan semakin matang pula warna hijau yang menyelubungi daging buah semangka.

Selain itu, semakin matang usia semangka, akan semakin matang pula warna garis yang ada di permukaan kulitnya. Jadi untuk mendapatkan semangka yang sudah ranum manis, pilihlah semangka yang memiliki kulit hijau tua dengan garis motif yang sangat kentara.

2. Amati noda kecoklatan yang ada
Tanda kedua yang biasa diamati adalah noda kekuningan yang biasa ada di salah satu sisi kulit semangka. Noda berbentuk bundar ini ada di sisi bawah di mana semangka diletakkan bertumpuk di tempat penyimpanan.

Jika semangka belum matang benar, noda bundar ini akan berwarna putih atau putih kekuningan. Sedangkan jika buah semangka sudah matang, noda akan berubah warna menjadi lebih matang, dari kuning gelap hingga kecoklatan.

3. Perhatikan batangnya
Semangka selalu dipetik dengan sisa batang yang masih menempel di kulitnya. Ketika semangka dipetik sudah dalam keadaan matang, maka batangnya akan berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved