Breaking News:

BARU, Syarat Terbang Menuju ke dan di Provinsi Bangka Belitung Tak Harus Lampirkan Hasil Tes PCR

pelonggaran dilakukan meski PPKM diperpanjang, satu di antaranya syarat perjalanan masuk Provinsi Bangka Belitung tak lagi butuh hasil tes PCR

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Seorang calon penumpang dengan hasil PCR Positif ngotot ingin terbang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Jumat (13/8/20210). 

BANGKAPOS.COM, PANGKALPINANG - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM memang masih terus diperpanjang oleh presiden hingga 20 September 2021 mendatang.

Namun sejumlah kelonggaran juga dilakukan agar pertumbuhan ekonomi juga terus bisa tumbuh.

Satu di antaranya pelonggaran tersebut dilakukan oleh pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Baca juga: DAFTAR LENGKAP, Pemetaan PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 Seluruh Kabupaten / Kota Se Indonesia

Baca juga: Aturan Baru PPKM Luar Jawa-Bali, Bangka Masih Terapkan PPKM Level 4, 6 Daerah Lain di BABEL Level 3

Satu hari setelah PPKM diperpanjang, Gubernur Provinsi Bangka Belitung langsung menerbitkan Surat Edaran Nomor 550 / 0617 / Dishub Tentang pengendalian Transportasi Bagi Pelaku Perjalanan Domestik di Wilayah PPKM Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

Surat Edaran yang diteken Gubernur Bangka Balitung Erzaldi Rosman pada 7 September 2021 ini jug amerujuk pada Instruksi Mendagri Nomor 39/2021 dan Instruksi Mendagri No 40/2021 tentang PPKM di Jawa Bali dan PPKM di wilayah di luar Jawa Bali.

Pada poin ketiga di edaran tersebut berbunyi, Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara ke dan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menunjukkan surat keterangan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua atau surat keterangan hasil negatif PCR (H-2) jika baru memperoleh vaksinasi dosis pertama.

Baca juga: Video Gisel 13 Detik Ditonton Jutaan Kali, Siapa Sosok di Sampingnya?

Baca juga: Video Gisel 11 Detik Viral, Durasinya Kalah dari Video 19 Detik Bersama Nobu

Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa membenarkan bahwa, asal sudah menerima vaksin dosis kedua, penumpang pesawat terbang yang masuk ke Bangka dan Belitung boleh hanya melampirkan tes antigen.

“Jika sudah memperoleh vaksin dosis kedua, penumpang pesawat cukup hanya melampirkan dokumen antigen yang diambil H-1 sebelum terbang,” kata Mikron.

Mikron juga menjelaskan, syarat ini juga berlaku untuk penerbangan di dalam provinsi. “Artinya penerbangan Bangka ke Belitung atau sebaliknya juga cukup dengan antigen,” jelasnya.

Sementara untuk kebijakan terbang meninggalkan Bangka atau Belitung, dalam poin keempat Surat Edaran tersebuit menyebutkan bahwa kebijakannya menyesuaikan dengan aturan yang ada di tempat tujuan.

Hal senada ditambahkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabunan Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo.

Ia menyebut bahwa untuk terbang menuju ke luar Bangka Belitung, maka aturannya merujuk pada apa yang diatur di Instruksi Mendagri.

“Ya kalau keluar Bangka Belitung menyesuaikan dengan Instruksi Mendagri, atau mengikuti regulasi di tempat tujuan,” kata Bangun Cahyo. (*)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved