Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Sehari, Suntik 2.000 Dosis Vaksin, Bateng Optimistis November Nanti Capai Herd Immunity

Berdasarkan data yang ada, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya, saat ini sudah di angka 54 persen.

Penulis: Ajie Gusti Prabowo (CC) | Editor: fitriadi
Istimewa
Vaksinator menyuntik vaksin kepada masyarakat yang di Gerai vaksin keliling di Pos Polisi Simpang Nanas Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (10/10/2021) malam. 

KOBA, BANGKA POS - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah optimistis dapat mencapai angka 70 persen vaksinasi dan terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok di wilayahnya pada November 2021.

Keyakinan ini mengingat stok vaksinasi Covid-19 di wilayahnya masih aman dan tidak adanya kendala.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bateng, Zaitun mengatakan berdasarkan data yang ada, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayahnya, saat ini sudah di angka 54 persen.

"Untuk vaksinasi Covid-19 ini kita optimistis bulan November bisa terbentuk herd immunity, di mana saat ini juga capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah kita sudah 54 persen, artinya kurang 16 persen lagi mencapai 70 persen. Untuk itu kita yakin karena stok vaksin kita juga tersedia, maka bulan ini herd immunity ini bisa segera tercapai," ungkap Zaitun, Selasa (12/10).

Zaitun menilai antusiasme dan kesadaran masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya pun meningkat.

"Kita lihat dulunya capaian vaksinasi Covid-19 ini per harinya di bawah 1.000 dosis, namun sekarang per hari sudah bisa mencapai angka 2.000 dosis, dan pernah juga waktu menyelenggarakan vaksinasi massal sebanyak 5.000 dosis lebih kita layani ke masyatakat," jelasnya.

Baca juga: Wali Kota Pangkalpinang Optimis Target Herd Immunity Akhir Oktober Tercapai, Stok Vaksin Aman

Dirinya memastikan percepatan vaksinasi ini, juga melibatkan berbagai stakeholder terkait. Termasuk, terus memberikan imbauan agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat berada di luar rumah, meski telah divaksin.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini kita rutin adakan setiap hari, bahkan bukan hanya di Puskesmas saja tetapi kita juga terjun langsung ke desa-desa. Intinya di sini keterlibatan semua stakeholder terkait, baik itu TNI-Polri, perangkat desa, dan lainnya turut membantu dalam percepatan vaksinasi ini," ujar Zaitun.

Tambahan vaksin

Dinkes Bateng juga mengakui mendapat tambahan kuota sebanyak 4.500 dosis vaksin Covid-19. Tambahan kuota yang didapatkan ini di luar dari jatah alokasi yang diterima.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved