Breaking News:

Pengidap Penyakit Tak Menular Makin Parah Jika Terpapar Covid-19, Segera Lakukan Ini Mencegahnya

Penyakit tidak menular sebenarnya akrab di sekitar kita, jadi penyakit yang tidak ditularkan dari agen infeksi berbeda dengan penyakit tipes

Penulis: Edy Yusmanto (CC) | Editor: Edi Yusmanto
Freepik.com
ilustrasi masker 

BANGKAPOS.COM - Pandemi covid-19 belum usai. Angka kasus terkonfirmasi positif virus yang disebut dari Wuhan China ini pun masih ada.

Meski tak separah beberapa waktu sebelumnya, covid-19 tak boleh dipandang sebelah mata. 

Pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan. 

Direktur Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (KIM) dr Andri Kurniawan menyatakan orang dengan penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung koroner dan stroke merupakan penyumbang angka tertinggi dari penyakit yang mematikan di dunia. 

"Penyakit tidak menular sebenarnya akrab di sekitar kita, jadi penyakit yang tidak ditularkan dari agen infeksi berbeda dengan penyakit tipes. Malaria itu kan ada agen infeksinya," kata Andri kepada bangkapos.com Rabu (13/10/2021). 

Menurut Andri orang dengan penyakit tidak menular juga turut mempermudah bahkan memperparah seseorang yang terpapar covid-19. 

Maka dari itu penting untuk mengecek kesehatan secara rutin. 

"Yang perlu itu melakukan pengecekan kesehatan secara rutin sejak dini," ujar Andri. 

Apabila mempunyai riwayat atau risiko seperti keturunan bahkan harus lebih berhati-hati dan semakin rutin cek kesehatan. 

Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita mematuhi protokol kesehatan (prokes) covid-19 agar terhindari dari virus corona ini.

Kemudian perilaku atau pola hidup harus mengedepankan pola kesehatan seperti 5M yaitu mencuci tangan, mamakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.  (bangkapos.com/Edy Yusmanto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved