Breaking News:

PON Papua

Setengah Kontingen Babel Bertahap Pulang, Jalani Isolasi dan Pemeriksaan PCR dan Malaria Ulang

Hampir setengah kontingen asal Bangka Belitung yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sudah bertahap pulang.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Ketua Koni Provinsi Bangka Belitung, Elfandi. 
PON Papua
PON Papua 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung, Elfandi MA mengatakan hampir setengah kontingen asal Bangka Belitung yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua sudah bertahap pulang.

Namun para atlet dan official ini tidak hanya pulang ke Pulau Bangka saja tetapi ada yang ke Belitung serta beberapa wilayah pulau lain sesuai dengan area tugas kerja atau menempuh pendidikan.

"Kira-kira setengah sepertinya sudah pulang, data pasti kita belum megang, tetapi beberapa cabor yang telah usai bertanding sudah pulang. Tapi tidak pulang ke Bangka saja, ada yang ke tempat kuliahnya misal di Jakarta," kata Elfandi, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Beberapa Atlet Bangka Belitung Mengikuti PON XX Papua Sudah Pulang, Satu Atlet Positif Covid-19

Baca juga: Pulang ke Bangka Belitung Atlet PON Discreening di Swab PCR dan Malaria, Isolasi Selama 5 Hari

Dia menyebutkan para atlet yang tiba di Pulau Bangka akan diisolasi dan dilakukan pemeriksaan ulang sesuai dengan arahan satgas Covid-19.

Adapun tahapannya meliputi:

1. Tes PCR dan malaria pra kepulangan
Sebelum pulang seluruh atlet menjalani PCR dan Test Malaria di Papua.

2. Isolasi
Atlet yang Positif langsung menjalani isolasi terpadu di Asrama Haji Bangka Belitung

3. Di Bandara Depati Amir, Tes PCR dan malaria pasca kepulangan
Setibanya di Bandara Depati Amir Bangka Belitung, Atlet melakukan test Antigen dan Malaria dan H+4 setibanya di Bangka Belitung, atlet melakukan test PCR untuk memastikan bersih dari Covid-19.

Sebelumnya, diberitakan satu atlet PON asal Bangka Belitung yang tiba di Pulau Bangka terkonfirmasi Covid-19 dan telah diisolasi di isoter.

"Ini juga ada satu lagi atlet kita yang di Papua hasilnya positif, sekarang diisolasi, nanti akan diperiksa lagi, kalau hasil negatif baru bisa pulang, dia sehat dan tidak ada gejala, mohon doanya," kata Elfandi.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved