Breaking News:

Dua Hari Bangka Barat Nol Tambahan Covid-19, Bangka Selatan Optimistis Turun Level PPKM

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat mendata dalam dua hari terakhir, tidak ada penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Ajie Gusti Prabowo (CC) | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma. 

MUNTOK, BANGKA POS - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat mendata dalam dua hari terakhir, tidak ada penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan, dalam kurun waktu yang sama, ada penambahan 21 pasien sembuh dari Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babar, Putra Kusuma mengakui saat ini tersisa 28 pasien yang masih dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kalau dari data-data yang ada, kita memang mengarah ke level 2. Semua indikator sudah terpenuhi di level 2, hanya tinggal menunggu pengumuman apakah kita tetap di level 3 atau level 2 atau stagnan," ujar Putra, Senin (18/10/2021).

Diakuinya, membaiknya kasus Covid-19 di wilayahnya, dikarenakan beberapa faktor. Termasuk, kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan yang kian membaik.

"Faktor yang memungkinkan Bangka Barat turun ke level 2, karena telah terpenuhinya indikator transmisi komunitas, indikator kapasitas respon, kepatuhan Prokes dan vaksinasi," katanya.

"Faktor penurunan juga karena kesadaran masyarakat sudah semakin baik, setiap kasus yang ada direspon oleh Satgas misalnya dilakukan tracing, testing dan yang positif di karantina di Isoter," tambahnya.

Namun, pihaknya juga mengantisipasi adanya kenaikan angka positif Covid-19 yang sewaktu-waktu dapat terjadi dengan cepat.

"Untuk gelombang ketiga, para ahli epidemiologi bilang tetap ada kemungkinan. Paling terpenting adalah di kapasitas respon, jadi Pemkab Babar menyiapkan kapasitas respon yang memadai untuk mengantisipasi," tuturnya.

Putra mengungkapkan kapasitas respon, yakni testing, tracing dan bed occupancy rate atau keterisian tempat tidur akan terus dimaksimalkan.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved