Breaking News:

Doa

Bacaan Lengkap Doa Sepertiga Malam yang Mustajab, Dibaca Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Dzikir

Doa setelah sholat tahajud beserta terjemahannya ini bisa kamu resapi maknanya, sehingga tidak hanya sekadar berdoa tanpa tahu makna sesungguhnya...

SpiritualRay
Ilustrasi berdoa 

Bacaan Doa Sepertiga Malam yang Mustajab, Dibaca Setelah Sholat Tahajud, Lengkap dengan D zikir

BANGKAPOS.COM -- Doa setelah sholat tahajud beserta terjemahannya ini bisa kamu resapi maknanya, sehingga tidak hanya sekadar ber doa tanpa tahu makna sesungguhnya.

Yups, doa di sepertiga malam adalah waktu yang dianjurkan menjadi saat yang tepat selain melaksanakan ibadah sunnah sholat Tahajud atau sholat hajat.

Adapun sepertiga malam yang dimaksud adalah dari jam 01.00 sampai sebelum subuh.

Lantaran waktu sepertiga malam adalah waktu yang mustajab untuk ber doa, alias waktu yang diutamakan agar doa cepat terkabulkan.

Karenanya, sepertiga malam adalah waktu yang dianjurkan untuk membaca doa Sholat tahajud yang mustajab.

Baca juga: Doa Perlindungan yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW, Terhindar Sifat Iri Dengki hingga Gangguan Sihir

Dirangkum dari laman Rumaysho, penjelasan mengenai hal tersebut dapat dilihat dari keterangan dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Hal tersebut dapat pula dilihat dari keterangan yang disampaikan Abu Hurairah yang menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang ber doa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758). Muhammad bin Isma’il Al Bukhari membawakan hadits ini dalam Bab ‘Doa pada separuh malam’. Imam Nawawi menyebutkan judul dalam Shahih Muslim Bab ‘Dorongan untuk ber doa dan berd zikir di akhir malam dan terijabahnya doa saat itu’.

Ibnu Hajar menjelaskan, “Bab yang dibawakan oleh Al Bukhari menerangkan mengenai keutamaan ber doa pada waktu tersebut hingga terbit fajar Shubuh dibanding waktu lainnya.” (Fathul Bari, 11/129)

Ibnu Baththol berkata, “Waktu tersebut adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah Ta’ala mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah pun memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahinya doa dan diberi setiap yang diminta.” (Syarh Al Bukhari, 19/118)

Baca juga: Beginilah Penjelasan Ustaz Abdul Somad Mengenai Hukum Istri Tak Izinkan Suami Menikah Lagi

Baca juga: Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua dan Keselamatan Dunia Akhirat, Termasuk Keutamaan saat Membacanya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved