Breaking News:

Bio Farma Sebut Harga Tes PCR Masih Bisa Turun Lagi, Bisakah Turun jadi Rp200 Ribu?

Adapun biaya tes PCR berpotensi turun lagi dari harga sekarang yakni Rp 250.000 untuk sekali tes di wilayah Jawa-Bali....

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Ilustrasi__ Kementerian Kesehatan menurunkan batas tertinggi tarif pemeriksaan Covid-19 melalui metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Perusahaan plat merah Bio Farma sebut harga tes polymerase chain reaction atau disingkat PCR masih bisa turun di bawah tarif saat yang ada saat ini Rp 250.000,-. 

Adapun biaya tes PCR berpotensi turun lagi dari harga sekarang yakni Rp 250.000 untuk sekali tes di wilayah Jawa-Bali.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir saat hadir dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (9/11/2021).

"Kami berkeyakinan masih mempunyai ruang untuk bisa menurunkan harga (tes PCR) ini," ungkap Honesti, dikutip dari Kompas.com.

Namun, lanjut Honesti, pihaknya masih belum bisa memastikan seberapa besar potensi penurunan harga tes PCR ke depannya karena masih diperlukan perhitungan yang mendetail.

Baca juga: Nikahi Janda Cantik, Kakek Sampai Tak Sanggup Berdiri, Fakta Ini Akhirnya Terungkap

Baca juga: Langsung Hubungi Kolektor, Jika Punya Uang Koin Rp100 Rumah Gadang Seperti Ini, Siap Dibeli Rp1 Juta

Baca juga: Malam Pertama Pengantin Baru Berujung Duka, Semangat Menggebu Berujung Fatal, Istri Terkulai Lemas

Gadis Cantik yang Sewa Kamar Kos ini Tak pernah Keluar, saat Lihat ke Dalam Bikin Syok Pemilik Kos

"Tapi, soal turunnya berapa persen, kami masih butuh exercise, karena (wacana penurunan biaya tes PCR) ini menyangkut kapasitas produksi kami," jelas Honesti.

Lebih lanjut, menurut Honesti, saat ini pihak Bio Farma pun tengah berupaya untuk mematok harga tes PCR yang lebih murah, salah satunya dengan menggunakan BioSaliva.

BioSaliva sendiri merupakan alat tes Covid-19 produksi Bio Farma yang menerapkan metode kumur yang kemudian dimasukkan ke wadah.

Honesti mengklaim, tes PCR dengan BioSaliva dapat dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman bagi pengguna.

Selain itu, tenaga kesehatan (nakes) juga tak perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam tes PCR dengan BioSaliva, sebab sampel tidak diambil oleh mereka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved