Breaking News:

Gurihnya Otak Otak Muntok, Teman Setia Menikmati Pantai

Menikmati wisata hamparan pasir pantai di Kota Muntok, tak akan lengkap jika parawisatawan melewatkan rasa gurih dan pedasnya otak otak daun bakar. 

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Cemilan Otak otak daun yang banyak ditemui di Muntok terutama Pantai Asmara, Sabtu (25/12/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menikmati wisata hamparan pasir pantai di Kota Muntok, tak akan lengkap jika parawisatawan melewatkan rasa gurih dan pedasnya otak otak daun bakar. 

Untuk menyantap otak otak daun, wisatawan pun tak perlu khawatir jika kesulitan mencarinya. Hal ini dikarenakan otak otak daun bisa ditemukan di setiap pantai di Muntok seperti Pantai Tanjung Kalian, Pantai Batu Rakit hingga pantai Asmara. 

Sedangkan untuk rasanya pun juga dijamin akan memanjakan lidah, dikarenakan perpaduan sambal tauco yang memiliki rasa asam manis. 

Namun bagi wisatawan yang hobi sensasi pedas, maka sambal cabai juga tersedia sebagai perpaduan yang kian nikmat disantap sambil melihat deburan ombak. 

Untuk harga pun dijamin tak akan menguras kantong, otak-otak dengan rasa yang gurih hanya seribu rupiah sudah bisa disajikan diatas piring dengan pemandangan laut lepas. 

Cemilan Otak otak daun yang banyak ditemui di Muntok terutama Pantai Asmara, Sabtu (25/12/2021).
Cemilan Otak otak daun yang banyak ditemui di Muntok terutama Pantai Asmara, Sabtu (25/12/2021). (Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy)

Baca juga: Ciri-Ciri Uang Rp 75 Ribu yang Pasti Dibeli Rp 20 Juta per Lembar, Langsung Cek Uangmu

Baca juga: Pilih Nikah Muda di Usia 18 Tahun, Begini Kehidupan Veronica Tan Usai Bercerai dari Ahok

Satu di antara wisawatan Yasmin (23) saat ditemui di Pantai Asmara mengungkapkan, datang ke pantai hanya untuk sekedar menikmati otak otak daun. 

"Di sini kalau ke pantai memang udah pasti beli otak otak gak mungkin enggak, karena memang di sini jual ini dan rasanya juga enak mau nongkrong di pantai mana aja," ujar Yasmin, Sabtu (25/12/2021). 

Selain itu Warga Muntok ini juga mengatakan menyantap otak otak sudah menjadi rutinitasnya di kala waktu senggang sambil menikmati indahnya pantai. 

"Udah dari dulu sama teman-teman kalau nongkrong sore, ya pasti ke pantai. Murah juga seribu, jadi sama teman beli banyak makan bareng," ungkapnya. 

Sementara itu bagi yang tak sempat ke pantai di Muntok, tapi ingin tetap mencicipi otak otak daun tak perlu khawatir. Berikut resep cara membuat, otak otak daun yang dapat dibuat di rumah dan dijamin enak. 

Cemilan Otak otak daun yang banyak ditemui di Muntok terutama Pantai Asmara, Sabtu (25/12/2021).
Cemilan Otak otak daun yang banyak ditemui di Muntok terutama Pantai Asmara, Sabtu (25/12/2021). (Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy)

Bahan
- 500 gram Ikan Tenggiri
- 200 Gram Sagu Tani
- 65 ml Santan
-150 ml air es
- 2 siung bawang putih haluskan
- 3 siung bawang merah haluskan
- 1 batang daun bawang
- 3/4 sdm garam
- 1 sdt gula
- 1 butir telur
Secukupnya daun pisang

Cara membuat
1. Semua bahan dicampurkan sampai rata
2. Daun pisang di salai dulu biar tidak sobek saat di pakai, cetak adonan dengan dimasukkan dalam plastik gunting salah satu ujung plastik, lalu dibungkus
3. Panggang sampai kira-kira matang

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved