Breaking News:

Materi Belajar

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 3, 4, 6, 9, dan 10 Sumber Energi

Berikut adalah kunci jawaban kelas 3 SD/MI Buku Tematik Tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3, 4, 6, 9, dan 10 tentang Sumber Energi.

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: fitriadi
Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 SD/MI
Tema 6 subtema 1 kelas 3 SD/MI 

BANGKAPOS.COM - Di bawah ini adalah kunci jawaban kelas 3 SD/MI Buku Tematik Tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3, 4, 6, 9, dan 10.

Buku Tematik Tema 6 berjudul Energi dan Perubahannya.

Sementara subtema 1 berjudul Sumber Energi.

Simak pembahasannya sampai habis.

Lihat dan amatilah bumi yang kita tempati. Semua diciptakan Tuhan untuk kelangsungan hidup manusia.

Di bumi ada matahari, air, udara, tumbuhan, dan hewan. Semuanya bermanfaat bagimanusia. Benda-benda tersebut menghasilkan energi.

Apa itu energi? Bagaimana energi diperoleh? Bagaimana cara manusia memanfaatkan energi? Apakah energi akan habis? Bagaimana agar energi tidak cepat habis? Masih banyak lagi pertanyaan lainnya tentang energi. Mari kita pelajari bersama.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD/MI Halaman 191 dan 193 Cuaca, Musim, dan Iklim

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD/MI Halaman 123, 124, 126, dan 128 Perubahan Cuaca Terhadap Manusia

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 3 SD/MI Halaman 158, 149, 150, dan 151 Kewajiban dan Hak Warga Negara

Saat mengikuti kegiatan jasmani tiba-tiba tubuh Siti lemas dan hampir jatuh. Wajahnya nampak pucat. Pak guru segera membawa Siti ke ruang Unit Kesehatan Sekolah atau UKS. Sambil berjalan ke UKS Pak Guru menanyakan apakah Siti sudah sarapan. Ternyata Siti belum sarapan. Itulah sebabnya tubuh Siti menjadi lemas tidak bertenaga.

Sesampainya di ruang UKS, Siti disuruh berbaring. Sementara Pak Guru membuatkan teh manis. Kemudian, Pak Guru menyuruh Siti minum teh manis tersebut. Pak Guru menjelaskan kepada Siti bahwa tubuh kita butuh energi.

Matahari Sumber Energi Terbesar

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. Air dan udara adalah sumber energi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga sumber energi.

Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.

Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi
listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Soal dan jawaban halaman 3 dan 4

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved