Breaking News:

Tahun Ini Telkomsel Matikan Sinyal 3G, Ini Cara Agar Kartu SIM Anda Tetap Bisa Digunakan

Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan

Editor: Iwan Satriawan
Telkomsel
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Bagi anda pelanggan operator seluler Telkomsel yang masih menggunakan kartu SIM 3G siap-siap tak bisa menggunakan kartunya lagi.

Perusahaan telekomunikasi pelat merah Telkomsel mengumumkan akan melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE secara bertahap, mulai tahun 2022 ini.

Artinya, kartu SIM 3G bakal tak bisa digunakan lagi dan harus diganti ke kartu 4G.

Tujuannya agar pelanggan dapat menikmati pengalami aktivitas digital yang lebih baik, dengan 4G LTE dibandingkan dengan layanan 3G.

Hal ini diungkapkan oleh Hendri Mulya Syam selaku Direktur Utama Telkomsel melalui sebuah keterangan tertulis, Jumat (21/1/2022) seperti dikutip dari kompas.com.

"Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade (peningkatan/pengalihan) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE," kata Hendri.

Ilustrasi pengguna smartphone 4G Telkomsel.
Ilustrasi pengguna smartphone 4G Telkomsel. (Telkomsel)

Ia berharap, migrasi seluruh layanan dari jaringan 3G ke 4G ini dapat membuka peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dalam menikmati akses jaringan dengan teknologi terdepan secara setara dan merata.

Selain itu, rencana upgrade layanan 3G ke 4G Telkomsel ini juga sejalan dengan arahan pemerintah pada akhir Desember 2021 lalu, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), soal penghapusan sinyal 3G.

"Upgrade seluruh layanan 3G ke 4G/LTE ini juga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri," kata Hendri.

Migrasi ini sedianya akan dilakukan secara bertahap pada seluruh layanan 3G di seluruh wilayah Indonesia.

Namun dalam pelaksanaannya, Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, percepatan upgrade ini akan diprioritaskan untuk wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Namun Nugroho tidak menyebutkan secara spesifik wilayah Indonesia mana saja yang menjadi target prioritas migrasi layanan 3G ke 4G LTE.

Ia hanya menyebutkan, pelanggan Telkomsel di sektor ritel (B2C) bakal dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, ketimbang dengan layanan 3G.

Pengalaman digital yang dimaksud Nugroho meliputi streaming video dan music digital, video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved