Breaking News:

Inilah Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa di Hari Jumat, Insya Allah Segala Hajat Dikabulkan

Tak banyak yang tahu, ternyata inilah waktu paling mustajab untuk berdoa di Hari Jumat

faith-matters.org
Ilustrasi berdoa agar terhindar dari bencana (faith-matters.org) 

BANGKAPOS.COM- Hari Jumat merupakan hari yang spesial terkhusus bagi umat muslim.

Pasalnya, di hari ini ada berbagai keistimewaan yang mulia dan memiliki pahala yang jauh lebih besar dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: "Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat.

Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

Sedangkan dalil lain yang menyebut soal keutamaan hari Jumat juga diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad dari Sa'ad bin 'Ubadah dalam sebuah hadist: 

"Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan.

Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi.

Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Pada hari Jumat ada waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim.

Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Pada hari Jumat kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan yang dapat menambah pahala, misalnya saja ber doa.

Taukah Anda bahwa hari Jumat disebut sebagai waktu yang mustajab untuk ber doa?

"Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya." (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved