Breaking News:

Ternyata Bukan Tiket Masuk Borobudur yang Naik, Tapi Tiket Naik ke Atas Dinaikkan Jadi Rp750 Ribu

harga tiket masuk ke Candi Borobudur adalah Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak. Sementara itu untuk wisatawan mancanegara...

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka. 

BANGKAPOS.COM -- Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria memastikan jika tiket masuk Candi Borobudur'> Candi Borobudur batal naik menjadi Rp 750.000 per orang.

Sebelumnya harga tiket itu disebut terlampau mahal untuk wisatawan Indonesia hingga viral di media sosial.

Diketahui, harga tiket yang rencananya dibanderol Rp 750.000/orang itu adalah tiket untuk naik Candi Borobudur'> Candi Borobudur.

Harga tiket yang mahal ini pun dibarengi kebijakan pembatasan jumlah turis yaitu hanya 1.200 orang/hari.

Bos InJourney yang merupakan holding pariwisata BUMN itu menyebut, keputusan harga tiket dan pembatasan jumlah pengunjung tersebut dilakukan untuk konservasi wilayah candi.

Baca juga: Penyebab Gibran Murka, Dua CPNS Solo yang Mengundurkan Diri Ternyata Diterima Kerja di Tempat Lain

Baca juga: Detik-detik Putra Anggota DPR Fraksi PDIP Indah Kurnia Kena Bogem Mentah, Dipukuli di Tol

Baca juga: Video Bahayanya Main HP di Laut Viral Usai 2 PNS Tersambar Petir Saat Mancing di Bangka Barat

Baca juga: Bukan Karena Cantik, Inilah Alasan Pria Arab Saudi Pilih Wanita Indonesia Sebagai Pasangan Hidup

Baca juga: 5 Bacaan Doa Agar Terlihat Cantik dan Bercahaya, Aura Wajah Terpancar Setiap Hari

"Jangan keliru dengan tiket masuk Borobudur, ya. Tiket masuk tetap, tetapi tiket naik ke candi yang dirubah dalam rangka membatasi," kata Dony dilansir Kompas.com, Minggu (5/6/2022).

Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.
Libur panjang banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata, salah satunya mendatangi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/3/2021). TWC Borobudur tetap buka selama libur panjang dengan membatasi jumlah pengunjung guna mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Dilansir laman resmi borobudurpark.com, harga tiket masuk ke Candi Borobudur'> Candi Borobudur adalah Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak.

Sementara itu untuk wisatawan mancanegara dikenai harga sebesar Rp 350 ribu untuk orang dewasa dan Rp 210 ribu untuk anak-anak.

Lebih lanjut Dony menuturkan, wacana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur'> Candi Borobudur ini diambil berdasarkan masukan dan pertimbangan para ahli, khususnya Dirjen Ke budayaan Kemendikbud.

Faktor konservasi untuk menjaga keberlangsungan candi juga menjadi fokus utama dalam menetapkan jumlah kunjungan yang bisa menaiki Candi.

Agar nantinya kunjungan wisatawan tidak berdampak pada kerusakan peninggalan bersejarah tersebut.

Luhut Tetapkan Tarif Baru Candi Borobudur'> Candi Borobudur: Wisatawan Lokal Rp750 Ribu, Turis Asing 100 Dolar

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga tiket naik Candi Borobudur'> Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Lewat postingan di akun instagram pribadinya, Luhut menyebut akan menerapkan harga tiket naik sebesar Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal, dan 100 dollar AS (sekitar Rp1,4 juta) untuk turis mancanegara yang hendak pelesir ke kawasan Candi Borobudur.

Baca juga: Suami Harus Tahu, Ternyata Tidak Semua Wanita Suka Dipuji, Ini Alasannya Kata dr Aisah Dahlan

Baca juga: Sederet Foto Ridwan Kamil & Keluarga Hari Terakhir di Swiss Tertulis Nama Eril Meninggal 26 Mei 2022

Baca juga: Pria ini Bermodal Senter ke Sawah, Malah Pergoki Istri Tengah di Pangkuan Pria di Gubuk Cinta

Baca juga: Kumpulan Doa Dahsyat Agar Rezeki Lancar, Berlimpah dan Kesuksesan Dalam Hidup

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Anda Menghadapi Musibah, Diberi Kesabaran dan Kekuatan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved