Breaking News:

Harga BBM

Harga Pertalite Naik Berapa? Pertamina Jawab Kabar Rp 10.000 Per Liter

Di media sosial beredar isu harga Pertalite akan naik menjadi Rp 10.000 per liter. Benarkah?

Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Petugas nozzle melayani pembelian Pertalite di SPBU di Jalan Ahmad Yani Dalam Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung Jumat (1/7/2022). Pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar.

Berapa besaran kenaikan harga Pertalite dan Solar jika jadi dinaikkan pemerintah?

Sementara itu di media sosial beredar isu harga Pertalite akan naik menjadi Rp 10.000 per liter.

Saat ini harga BBM subsidi Pertalite masih dibanderol Rp 7.650 per liter.

Harga Asli Pertalite

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pernah mengatakan harga asli Pertalite sebesar Rp 17.200 per liter. Artinya, pemerintah mensubsidi Pertalite sebesar Rp 9.550 per liter.

Kemudian untuk harga BBM subsidi lainnya yakni Solar CN-48 atau Biosolar (B20), per Juli 2022 Pertamina masih menjual dengan harga Rp 5.150 per liter di mana harga seharusnya Rp 18.150 per liter.

Tak hanya BBM subsidi, Pertamina juga menahan harga BBM nonsubsidi Pertamax di level Rp 12.500 per liter. Padahal untuk bensin dengan nomor oktan atau RON 92, kompetitor sudah menetapkan harga sekitar Rp 17.000 per liter, sebab secara keekonomian harga pasar telah mencapai Rp 17.950.

"Kita masih menahan (Pertamax) dengan harga Rp 12.500, karena kita juga pahami kalau Pertamax kita naikkan setinggi ini, maka shifting ke Pertalite akan terjadi, dan tentu akan menambah beban negara," ujar Nicke dalam keterangannya, Sabtu (9/7/2022), dikutip Bangkapos.com dari Kompas.com.

Pihak PT. Pertamina (Persero) turut merespons soal harga pertalite yang diisukan bakal naik menjadi Rp 10.000 per liter.

Menurut Manager Media Communication Pertamina, Heppy Wulandari, penetapan harga BBM Subsidi adalah kewenangan dari pemerintah.

"Pertalite merupakan BBM penugasan."

"Untuk penetapan harga merupakan kewenangan pemerintah," katanya, Jumat (19/8/2022) dikutip dari Tribunnews.com.

Untuk itu, Pertamina sebagai operator akan melaksanakan apa yang akan menjadi penugasan dari pemerintah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved