Breaking News:

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, 7.682 Siswa SD di Babel Sikat Gigi Bersama

SEBANYAK 7.682 siswa sekolah dasar (SD) melakukan sikat gigi bersama di beberapa titik di Bangka Belitung, Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
SEBANYAK 7.682 siswa sekolah dasar (SD) melakukan sikat gigi bersama di beberapa titik di Bangka Belitung, Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebanyak 7.682 siswa sekolah dasar (SD) melakukan sikat gigi bersama di beberapa titik di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Senin (12/9) sekitar Pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini sebagai bentuk Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional yang jatuh pada hari ini.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak se-Indonesia ini, juga dilaksanakan di Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan,  Belitung dan Belitung Timur. Bahkan kegiatan ini juga mendapatkan penghargaan rekor Muri.

Pj Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Babel, drg Sri Utami Soedarsono turut hadir di SD Negeri 1 Merawang. "Kami mendukung kegiatan Kementerian Kesehatan lewat PDGI Babel. Kami melihat ada gerakan di sini cermin untuk senyum sehat anak Indonesia, ini bagian penting untuk memulai gerakan besar, yang saya canangkan yaitu gerakan mempunyai sikap yang senang terhadap gigi dan mulut yang sehat," ujar Sri Utami.

Ketua PDGI Babel, drg Dyah Savitri mengatakan, kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan agar anak-anak sikat gigi lebih rutin dan benar. 

"Jadi preventif, dan mencegah karies lebih luas. Hampir 50 persen dari data yang  di Pangkalpinang ini, anak-anak menderita karies, Alhamdulilah ada ibu gubernur yang mencetus senyum sehat anak-anak Babel, jadi sistemnya anak sebelum masuk kelas wajib bercermin, apabila gigi kotor, maka sikat gigi sebelum masuk kelas," kata Dyah.

Ia meyakini kegiatan ini adalah kegiatan yang menyenangkan bukan membuat anak- anak tertekan. "Dengan sikat gigi bersama, nanti mereka bisa adaptasi di rumah. Nanti kita harap di Babel dari anak-anak merambah ke keluarga," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Babel, dr Hastuti menyatakan turut mendukung kegiatan ini. 

Menurutnya, kegiatan ini  penting sebagai momen untuk untuk membiasakan anak-anak rajin gosok gigi dengan cara yang benar dan waktu yang tepat, karenanya perlu sinergi dengan berbagai pihak.

"Ini kan perlu pembiasaan, di antaranya melalui pelaksanaan UKGS/upaya kesehatan gigi sekolah, yg tidak hanya oleh Dinkes, tapi dalam pembinaannya juga terlibat dinas pendidikan, kementerian Agama dan kemendagri melalui biro kesra di daerah" kata Hastuti.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved