Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Lihai Meracik Minuman dan Juggling, Fire Juggling Coumunity Babel Wadah Penyaluran Hobi Bartender

Mereka tak hanya belajar men-juggling botol, namun juga mempelajari mixology atau yang ilmu campur-mencampur bahan.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Fire Juggling Coumunity (FJC) Bangka Belitung Foto Bareng di Rumah Jendela Caffe. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tangannya lincah menangkap botol yang dilempar ke udara. Sesekali, dua botol diputar ke udara dan ditangkap dengan gerakan tubuh memutar. Bahkan tak jarang diujung-ujung botol itu sengaja diberi api.

Fire Juggling Coumunity (FJC) Bangka Belitung, komunitas yang digawangi anak-anak muda ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan skill serta menambah pengetahuan tentang mixing drink anggotanya.

Mereka tak hanya belajar men-juggling botol, namun juga mempelajari mixology atau yang ilmu campur-mencampur bahan.

Terkait dengan dunia bartending, mixologist berarti mengawinkan beberapa jenis minuman beralkohol (liqueue, wine, sprit) dan non-alkohol (soda, jus, sirup).

FJC sendiri beranggotakan para bartender yang bekerja dimacam-macam club atau tempat hiburan malam. Baru-baru ini mereka juga ikut menggabungkan barista kedalam komunitas tersebut.

Anggota FJC Rudi Nemol (31) yang juga merupakan seorang bartender menyebut, komunitas dengan total anggota 14 orang pertama kali dibentuk pada tahun 2013 lalu.

"Ini menjadi tempat kami menyalurkan hobi-hobi yang kami miliki, untuk mengembangkan skill masing-masing di tempat bekerja yang berbeda," ujar Rudi kepada Bangkapos.com, Sabtu (1/10/2022).

Kata Rudi, grup ini juga menjadi wadah mereka saling belajar bersama. Tidak ada yang dikhususkan menjadi coach atau pelatih khusus, mereka hanya mengandalkan youtube untuk belajar.

"Sebetulnya bartender itu dibilang wajib bisa juggling, karena bartender menjadi kunci melayani tamu-tamu untuk minum. Kita sama-sama belajar disini, banyak yang belajar otodidak, nonton youtube kita kreasikan lagi," sebutnya.

Kata Rudi, satu minggu mereka bisa latihan sekaligus berkumpul bersama sebanyak dua kali. Saling melengkapi, bercerita, bertukar pikiran, dan belajar bersama.

Dia berharap, Fire Juggling Coumunity (FJC) Bangka Belitung ini tidak dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Sebab ini merupakan hobi dan skill yang dimiliki oleh para bartender.

Pihknya juga ingin, perekonomian daerah semakin membaik sehingga kian mengundang wisatawan untuk datang ke Bangka Belitung.

"Kita juga berharap peraturan daerah (Perda) lebih renggang lagi, jadi kami tidak harus kucing-kucingan, tidak harus tutup menutup. Ini hobi kami yang bisa disalurkan," tuturnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved