Breaking News:

Berita Pangkalpinang

14 Andikpas LPKA Pangkalpinang Dapat Bimbingan dari Psikolog Dinsos Bangka Belitung

Sebanyak dua orang psikolog dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bimbingan konseling.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Dok/Redi Humas LPKA Pangkalpinang
Sebanyak dua orang Psikolog dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bimbingan konseling dan motivasi kepada 14 orang anak didik pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (24/10/2022). 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Sebanyak dua orang psikolog dari Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bimbingan konseling dan motivasi kepada 14 orang anak didik pemasyarakatan ( Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Kepulauan 
Bangka Belitung (Babel), Senin (24/10/2022).

Fitra satu diantara tim psikolog menyebutkan bahwa beberapa waktu lalu pihak LPKA Pangkalpinang Kemenkumham Bangka Belitung meminta kepada Psikolog Dinsos Bangka Belitung untuk dapat memberikan pembinaan terhadap andikpas, sehingga hari ini membuatnya dan tim berkunjung ke LPKA untuk memberikan bimbingan konseling dan motivasi kepada andikpas.

"Kami telah menyiapkan instrument untuk menggali informasi dari anak-anak disini terkait bagaimana kepribadian mereka, apa tanggapan meraka terhadap pertanyaan yang kami sampaikan melalui instrument tersebut," kata Fitra.

Selain itu, pihaknya juga meminta anak-anak untuk menggambar dan menulis.

Dari apa yang anak-anak lakukan hari ini maka bisa menganalisis apa yang disampaikan oleh mereka.

Diakhir sesi kami akan memberikan motivasi kepada anak-anak ini.

"Anak-anak disini memiliki waktu dan peluang yang sangat panjang untuk melanjutkan kehidupan. Mereka punya kesempatan untuk meraih masa depan. Jangan sampai dengan berada di sini mereka menjadi terpuruk. Kita akan memberikan semangat bagi mereka agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa meraih masa depan yang gemilang," harap Fitra.

Sementara, Kepala LPKA Pangkalpinang, Nanang Rukmana mengungkapkan bahwa bagaimanapun anak-anak yang berhadapan dengan hukum tentunya memerlukan pendampingan baik dari psikolog maupun psikiater.

"Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari perjanjian kerjasama (PKS) antara LPKA Pangkalpinang dengan Gubernur  Babel terkait dengan kegiatan-kegiatan yang perlu dukungan stakeholder terutama bagaimana pihak luar khususnya Dinsos dalam rangka membangun mental dan spiritual anak-anak," jelas Nanang dalam rilis LPKA Pangkalpinang kepada Bangkapos.com, Senin (24/10/2022).

Dia menyebut, barangkali banyak anak karena ketidaktahuannya sehingga membuat pelanggaran dan menyebabkan mereka masuk ke LPKA itu sangat mengguncang mental mereka sehingga membutuhkan pendampingan psikolog.

Senada dengan hal tersebut, Kasi Pembinaan LPKA Pangkalpinang, M Anwar menyebutkan kegiatan bimbingan konseling dan motivasi yang dilakukan hari ini khusus kepada anak-anak yang melakukan tindak pidana kesusilaan dan perlindungan anak.

"Kegiatan bimbingan konseling dan motivasi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan pembinaan bagi andikpas agar mereka bisa menjadi anak yang lebih baik dan tidak melakukan pelanggaran hukum serta memahami bahwa mereka masih memiliki masa depan," ujar M Anwar.

Menurut Anwar, kedepan secara bertahap kegiatan yang sama juga akan kita selenggarakan kembali bagi anak-anak yang melakukan pelanggaran hukum lainnya. Hal ini akan kita koordinasikan secara intensif dengan Dinsos Kepulauan Bangka Belitung

( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved