Breaking News:

Dinsos Babel dan DWP Gelar Bakti Sosial Melibatkan Komunitas Disabilitas

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan (10 November), HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (21 November) dan Hari Disabilitas

Penulis: Teddy Malaka CC | Editor: Teddy Malaka
Ho Apriansyah
Rangkaian Bakti Sosial berupa Donor Darah dengan melibatkan Disabilitas, Pelayanan Terapi Wicara bagi Anak dengan Kebutuhan Khusus, dan Lomba Ranking 1 dengan peserta anak-anak binaan dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak/ Panti Sosial Asuhan Anak (LKSA/PSAA). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) melaksanakan rangkaian Bakti Sosial berupa Donor Darah dengan melibatkan Disabilitas, Pelayanan Terapi Wicara bagi Anak dengan Kebutuhan Khusus, dan Lomba Ranking 1 dengan peserta anak-anak binaan dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak/ Panti Sosial Asuhan Anak (LKSA/PSAA).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan (10 November), HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (21 November) dan Hari Disabilitas Internasional (3 Desember), 

Hadir Sekretaris Dinas Sosial dan PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewakili Kadinsos PMD membuka acara tersebut.

Hadir juga Ketua DWP Unit Dinsos PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuniar Putia Rahma Budi Utama beserta jajaran anggotanya, para donatur, para pejabat eselon III, para pejabat sub koordinator, pejabat fungsional Muda, pejabat Fungsional Madya beserta staf lainnya di lingkungan Dinsos PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan donor darah Dinas Sosial
Kegiatan donor darah Dinas Sosial

"Kegiatan baik yang sudah direncanakan jauh-jauh hari ini semoga membawa keberkahan bagi kita semua. Kita selalu kompak dalam kebaikan", ucap Sekretatis Dinas Rusli, S.Ag.

Di dalam sambutannya pun Yuniar berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan nilai positif bagi Bangka Belitung yang sebentar lagi akan berulangtahun ke 22, memberikan nilai sosial dan meningkatkan kepercayaan diri anak-anak asuh LKSA.

Semuanya bersinergi untuk memperingati hari pahlawan, HUT Babel dan Hari disabilitas internasional.

Terima kasih kepada Pak Budi Utama, selaku Kepala Dinsos PMD yang telah melibatkan kami (DWP Unit Dinsos PMD. Red) untuk bersinergi hingga terlaksananya kegiatan ini, pungkas Yuniar selaku Ketua DWP Unit Dinsos PMD.

Peserta Donor Darah berasal dari internal pegawai dan keluarga Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dharma Wanita Persatuan Unit Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masyarakat umum dan Disabilitas.

Jumlah peserta donor darah seluruhnya yang terdaftar berjumlah 30 orang, dengan peserta Disabilitas sebanyak 6 orang.

Peserta Pelayanan Terapi Wicara ini berjumlah 7 orang, sebagian besar berasal dari Kecamatan Belinyu dan Kota Pangkalpinang. Layanan Terapi Wicara gratis bagi masyarakat kurang mampu (TIWI GADIS BAPER) menjadi salah satu inovasi layanan di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk peserta Lomba Ranking 1 berasal berjumlah 40 orang, 20 orang dari tingkat SMP dan 20 orang dari tingkat SMA. Mereka berasal dari LKSA/ PSAA di Kota Pangkalpinang (Baiturrahmah Annur, Ruth, Aisyiyah, Muhammadiyah, Nurrahmah, Al-Khoiriyah, Adh-Dhuha), Kabupaten Bangka (Nurul Ihsan, Al-Kautsar) dan Kabupaten Bangka Tengah (Nurul Falah).

Dengan para pemenang lomba Rangking I Kategori SMP diraih oleh Abi Mayu dari LKSA Muhammadiyah (Juara I), Rifki Agustian dari LKSA Muhammadiyah (Juara II), dan Bunga dari LKSA Nurrohmah (Juara III).

Kategori SMA diraih oleh Aminah dari LKSA Adduha (Juara I), Agus dari LKSA Muhammadiyah (Juara II), dan Sani dari LKSA Ruth (Juara III).

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan mendorong kepedulian bagi masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung", tutup Rusli di dalam sambutannya. (*)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved