Australia Bikin Seminar Bahas Kinerja Pemerintahan Jokowi

Apa yang terjadi dalam enam bulan masa pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi tema yang dibahas dalam seminar

Australia Bikin Seminar Bahas Kinerja Pemerintahan Jokowi
ABC
Dari kiri: Dr Richard Chauvel, Prof Tim Lindsey, Dr Nadirsyah Hosen, Dr Dave McRae, and Dr Jemma Purdey. 

BANGKAPOS.COM - Apa yang terjadi dalam enam bulan masa pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi tema yang dibahas dalam seminar yang dilakukan oleh Center for Indonesian Law, Islam and Society (CILIS) Universitas Melbourne di Melbourne, Selasa (5/5/2015) malam.

Yang membahas kinerja pemerintahan Presiden Jokowi adalah lima pakar mengenai masalah Indonesia di Australia. Mereka adalah Dr Jemma Purdey dari Deakin University, Dr Dave McRae, Prof Tim Lindsey, dan Dr Richard Chauvel dari Universitas Melbourne, dan Dr Nadirsyah Hosen dari Univesity of Wollongong (NSW).

Topik yang dibahas dalam seminar yang dihadiri oleh wartawan ABC L Sastra Wijaya tersebut adalah hubungan Presiden Jokowi dengan kabinet oleh Jemma Purdey, dan DPR, apa yang terjadi dengan Kapolri (Dave McRae), pertalian Jokowi dengan masyarakat sipil sekarang (Nadirsyah Hosen) dan hubungan Australia-Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi oleh Tim Lindsey.

Dr Richard Chauvel menjadi pembahas dan perangkum apa yang sudah disampaikan oleh para panelis sebelumnya.

Dalam pembahasannya, Dr Richard Chauvel menyimpulkan dengan sederhana mengenai kinerja pemerintahan Presiden Jokowi sekarang dengan pernyataan bahwa tidak banyak yang memperkirakan bahwa dalam masa enam bulan pemerintahannya, sudah ada seminar yang dibuat untuk membahas.

Senada dengan apa yang sudah menjadi pembahasan di berbagai media di Indonesia, bagaimana hubungan pemerintahan dengan DPR, kinerja beberapa menteri dalam kabinet, masalah yang dihadapi Presiden Jokowi dengan Polri berkenaan dengan pengangkatan Budi Gunawan sebagai Kapolri, dan juga Komisi Penyelidikan Korupsi (KPK) menjadi barometer untuk menilai kinerja pemerintah sekarang.

Semua panelis sepakat mengatakan bahwa kinerja Presiden Jokowi saat ini buruk dengan berbagai permasalahan di atas.

"Kesalahan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi adalah berkenaan dengan pengangkatan Budi Gunawan, juga masalah anggaran pembelian mobil dinas, dan KPK," kata Jemma Purdey.

Namun di sisi lain, menurut Jemma, Presiden Jokowi juga sudah mencapai beberapa keberhasilan antara lain diloloskannya undang-undang pemilihan langsung oleh DPR, dan juga selesainya pembahasan RAPBN oleh DPR, dan terpilihnya Badrodin Haiti sebagai Kapolri, dan bukannya Budi Gunawan.

Dalam pembahasannya, Dr Dave McRae mengatakan bahwa masalah yang ada dengan 'ribut ribut' berkenaan dengan polisi dan KPK menunjukkan bahwa Jokowi mungkin tidak menjadikan pemberantasan korupsi sebagai salah satu prioritas utama dalam pemerintahannya.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved