Bahaya yang Tak Disadari Jika Mandi dan Terminum Air Hujan

Membersihkan tubuh setelah hujan-hujanan itu penting karena air hujan mengandung bermacam-macam kuman dan kotoran!

Bahaya yang Tak Disadari Jika Mandi dan Terminum Air Hujan
Shutterstock
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Bukan anak-anak bila tidak senang bermain di bawah hujan atau terkenal dengan istilah hujan-hujanan.

Risiko penyakit flu maupun batuk yang terkait dengan penurunan daya tahan tubuh setelah kedinginan akibat hujan-hujanan mungkin sudah biasa didengar.

Namun tahukah Anda, penting untuk membersihkan tubuh setelah hujan-hujanan, karena air hujan mengandung bermacam-macam kuman dan kotoran!

Indonesia merupakan negara yang mengalami musim hujan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk itu, penting untuk mengenali kandungan yang terdapat pada air hujan, khususnya kandungan kuman penyakit di dalamnya.

Berbagai studi terkait komposisi kimiawi air hujan yang jatuh secara langsung maupun yang mengalir lewat atap telah memperoleh adanya kontaminan kimia, spora (hasil perkembangbiakan yang nantinya menjadi suatu organisme) bakteri dan jamur, debris atau kotoran dari makhluk hidup yang mengalami pembusukan, serta polutan kimia.

Dari studi yang dilakukan oleh Evans CA, dkk terhadap air hujan, ditemukan bahwa rata-rata jumlah kuman (dari berbagai jenis) yang terdapat dalam air hujan yaitu sejumlah 1.362 bakteri per sampel air hujan.

Salah satu jenis bakteri yang ditemukan dalam air hujan adalah Coliform (bakteri yang berasal dari feses atau kotoran).

Selain itu ditemukan jenis-jenis bakteri yang bersifat airborne (yang ditularkan lewat udara) pada air hujan, diperkirakan terkait dengan angin yang membawa kuman-kuman ini (kuman-kuman yang terutama menyebabkan infeksi saluran nafas).

Dari kepustakaan lain, ditemukan bahwa air hujan mengandung kontaminan biologis (makhluk hidup) berupa bakteri, alga, jamur, dan virus.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved