Pulau Bangka Surganya Para Angler Memancing Toman‎

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan surganya bagi para pemancing.

Pulau Bangka Surganya Para Angler Memancing Toman‎
IST
Tamili menunjukan ikan toman hasil pancingan di Belilik, Bangka Tengah

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan surganya bagi para pemancing.

Banyak para pemancing di diberbagai daerah di Indonesia yang menjadikan negeri laskar pelangi ini sebagai reverensi untuk merasakan sensasi tarikan ikan.

Provinsi Babel khususnya di pulau Bangka ternyata tak hanya kaya akan habitat dilaut yang menjadi buruan para pemancing. Namun air tawar pun menjadi tujuan para angler-agler dari berbagai daerah.

Beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia sering kali menayangkan siaran memancing khsusunya di air tawar. Buruan mereka iyalah keluarga snakehead, toman, gabus dan serandang atau biasa disebut masyarakat lokal dengan nama Kiung (Kihung).

Di Babel ikan-ikan tersebut banyak ditemui dialiran sungai dan bekas galian timah. Ikan-ikan tersebut berkembang sangat cepat dan mudah ditemui.

Seorang angler (subutan untuk para pemancing), Tamili mengaku sangat gemar memancing ikan-ikan air tawar. Karena memancing keluarga sankehead ini menggunakan teknis casting.

Teknik ini berbeda dengan gaya memancing pada umumnya, karena teknik casting merupakan salah satu teknik memancing dengan cara melempar dan menarik kembali, dimulai dengan melempar lure (umpan untuk menarik pedator untuk menyambar), dan retrieving atau menggulungnya dengan reel sambil memainkannya sesuai dengan tipe lure yang digunakan.

"Teknik casting memang membutuhkan tenaga lebih karena kita harus terus melempar hingga lure yang kita lempar disambar oleh sang predator air tawar," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Sitam ini memiliki banyak lure, mulai dari berbahan karet (Softlure), plastik, kayu dan fiber. Lure ini katanya digunakan ada tempat-tempat tertentu.

Halaman
12
Penulis: Evan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved