Ini 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Hormon Agar Terasa Lebih Bahagia

Serotonin, bahan kimia pada otak yang dapat memengaruhi suasana hati, memori atau ingatan, nafsu makan, toleransi nyeri, kualitas tidur

Ini 5 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Hormon Agar Terasa Lebih Bahagia
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Serotonin, bahan kimia pada otak yang dapat memengaruhi suasana hati, memori atau ingatan,  nafsu makan, toleransi nyeri, kualitas tidur, serta pencernaan.

Ketika berbicara tentang serotonin, maka kuncinya adalah pola makan sehat. Nah, lalu bagaimana meningkatkan hormon kebahagiaan ini?

Ketika tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka risiko kekurangan serotonin sangat besar. Bahkan kita cenderung mengalami stres.

Penelitian terbaru di Biological Psychiatry juga menemukan bahwa tingkat rendah dari serotonin akan membuat seseorang lebih mudah marah dan agresif.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan serotonin yang dapat kita lakukan.

1. Menikmati sinar matahari

Berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang tepat (pagi dan sore), ternyata dapat meningkatkan serotonin serta suasana hati kita.

Studi baru di Zayed University, Uni Emirat Arab, mengungkapkan beberapa minggu menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah secara signifikan dapat menurunkan gejala depresi.

Biarkan tubuh bersentuhan dengan sinar matahari pagi atau sore hari.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved