Breaking News:

Bangka Tengah Sport Tourism 2017 Diawali Kejurnas Grasstrack

Rangkaian kegiatan itu diselenggarakan sejak akhir bulan Juni sampai pertengahan September 2017 yang terdiri dari 7 cabang

Istimewa
Kejurnas Grasstrack Awali Bangka Tengah Sport Tourism 2017 

BANGKAPOS.COM--Saat ini berbagai model kegiatan pariwisata yang terus dikembangkan dan menjadi salah satu sektor andalan dalam perekonomian di indonesia.

Salah satu jenis kegiatan pariwisata yang mendapat banyak perhatian di negara ini adalah wisata olahraga (sport tourism).

Wisata olahraga merupakan jenis wisata perjalanan untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, baik sekadar rekreasi maupun berkompetisi.

Sekarang ini kegiatan wisata olahraga di Indonesia semakin maju. Semakin banyak event-event olahraga yang mengundang atlet dunia dan menghadirkan banyak penonton, mulai event lari Jakarta Marathon yang digelar setiap tahun, balap sepeda Tour de Singkarak, PON di Jawa Barat yang baru saja diadakan, balap sepeda Tour de Ijen di Banyuwangi, hingga Tour de Flores di Nusa Tenggara Timur.

Tidak mau ketinggalan untk memajukan sektor Pariwisata Kabupaten Bangka Tengah yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan rangkaian acara “Bangka Tengah Sport Tourism 2017”.

Rangkaian kegiatan itu diselenggarakan sejak akhir bulan Juni sampai pertengahan September 2017 yang terdiri dari 7 cabang olahraga yaitu Grass Track, Adventure Off Road, Mountain Bike,Bridge, Takraw Pantai, Marathon dan Panjat Tebing.

Bupati Bangka Tengah Ir. H. Ibnu Saleh, MM mengatakan sentuhan wisata olahraga membawa banyak manfaat bagi ekonomi masyarakat di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka Tengah.

"Melalui wisata olahraga, daerah bisa berpromosi sesuai dengan potensi sehingga muncul efek pemasaran yang baik untuk mengajak wisatawan dan investor ke Kabupaten Bangka Tengah. Wisata olahraga juga menjadi jawaban untuk mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat karena pemerintah daerah mengembangkan destinasi wisata yang ada di perdesaan dengan sentuhan sport tourism," ungkap Ibnu Saleh.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H.Erzaldi Rosman SE,MM mengatakan wisata olahraga terbukti bisa membangun kebanggaan dan kepercayaan diri rakyat terhadap daerahnya.

Warga yang berada di desa-desa bangga daerahnya dikenal publik global. Wisata olahraga menjadi sarana konsolidasi sosial untuk mendesain pembangunan berbasis partisipasi masyarakat, bukan mobilisasi massa. Jika ditarik lebih jauh lagi, itu akan menjadi modal sosial (social capital) yang sangat berharga untuk membangun daerah," urai Erzaldi Rosman.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved