LSM KCBI Pertanyakan Kejati Soal SP3 Perkara Tipikor Pulomas dan Bank Sumsel Babel

Kami sangat menyayangkan sikap dari pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Kejati Babel--red) yang telah me-SP3 dua kasus korupsi

LSM KCBI Pertanyakan Kejati Soal SP3 Perkara Tipikor Pulomas dan Bank Sumsel Babel
Bangkapos/Ryan Agusta
Ketua LSM KCBI Provinsi Bangka Belitung, Edi saat diwawacarai wartawan. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Dua perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Pulomas dan korupsi penyertaaan modal pemerintah daerah di provinsi Bangka Belitung (Babel) akhirnya dihentikan penyidikannya pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Babel (Kejati Babel).

Penghentian penyidikan oleh Kejati Babel ini menuai sorotan dari kelompok pegiat anti korupsi yang tergabung dalam LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Provinsi Babel.

"Kami sangat menyayangkan sikap dari pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Kejati Babel--red) yang telah me-SP3 dua kasus korupsi Pulomas dan kasus pada Bank Sumsel Babel," kata ketua LSM KCBI Provinsi Babel di hadapan sejumlah wartawan, Rabu (7/12/2017) sore di Pangkalpinang.

Menurutnya penghentian dua perkara tipikor tersebut dinilainya atau terkesan pihak Kejati Babel 'mengabaikan' hak seorang warga di mata hukum serta dinilainya pula pihak Kejati Babel 'terlalu dini' dalam menetapkan status tersangka terhadap seseorang.

"Sebab yang namanya sudah berstatus tersangka itu artinya penetapan status tersangka itu sudah memenuhi syarat dan cukup bukti yang kuat, jadi dalam hal ini perkara tipikor itu tidak bisa langsung di-SP3 kan,. Artinya pihak Kejati Babel jangan terburu-buru menetapkan tersangka," terangnya.

Sebaliknya jika memang pihak Kejati Babel melakukan SP3 dua perkara tipikor itu (Pulomas & Bank Sumsel Babel) hendaknya transfaran atau terbuka kepada publik maupun kepada para pekerja media (wartawan).

"Kalau memang dua kasus itu distop ya harusnya terbuka dong kepada masyarakat wartawan maupun para aktifis pegiat anti korupsi. Nah kalau memang benar perkara ini sudah di-SP3 kan maka kami berencana akan mengirim surat resmi kepada pihak Kejati Babel guna mempertanyakan soal dua perkara tipikor yang di-SP3 itu," tegasnya.

Sebelumnya terkait dua perkara tipikor (Pulomas & Bank Sumsel Babel) dikabarkan telah di-SP3 pihak Kejati Babel  tak ditampik oleh pihak Kejati Babel yang disampaikan oleh Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Babel, Roy Arland SH saat dikonfirmasi bangkapos.com,  Senin (4/12/2017).

"Ijin mau konfirmasi..perkara korupsi Pulomas apa memang sdah di -SP3?.., kalau sdah SP3..lantas bagaimana dgn status mantan bupati Bangka (Yusroni Yazid) termasuk pihak lainnya yg sdah ditetapkan sebagai tsangka.?,
terus kelanjutan penanganan perkara korupsi bank sumsel babel..sampai saat ini seperti apa?," tanya bangkapos.com melalui pesan elektronik/whatsapp (WA).

Halaman
123
Penulis: ryan augusta
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved