Jalin Silaturrahmi di Hari Raya Idul Fitri, Ini Adab Bertamu Sesuai Anjuran Rasulullah

ketika orang beriman bertemu orang beriman yang lain, lalu mengucapkan salam dan berjabat tangan, maka rontoklah dosa-dosa keduanya.

Jalin Silaturrahmi di Hari Raya Idul Fitri, Ini Adab Bertamu Sesuai Anjuran Rasulullah
Tribun Jateng
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 

BANGKAPOS.COM -- Hari ini, Jumat (15/6/2018), mayoritas umat Muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri 1439 H.

Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, setelah melaksanakan Shalat Id (Shalat Hari Raya), umat Muslim menjalin silaturahim dan saling mengucapkan kalimat doa “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu sekalian).

Pada Hari Raya Fitrah ini, umat Muslim juga dianjurkan saling berkunjung (bertamu) guna menyambung atau memperkuat silaturahim dan saling mendoakan.

Agar kegiatan bertamu dengan tujuan silaturahim ini benar-benar berkah, maka ada baiknya kita tahu tentang adab-adab bertamu, termasuk pada hari Raya Idul Fitri, mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan.

Berikut ulasan tentang “anjuran dan adab-adab bertamu” yang dikirimkan Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kota Banda Aceh yang juga mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Tgk Mulyadi Nurdin Lc kepada Serambinews.com, Jumat (15/6/2018).

Baca: Pakai Baju Biduan Ayu Ting Ting & Putrinya Sudah Ramai Kritikan di Hari Pertama Lebaran

Baca: Akhirnya, Hewitt Akui Skandal Selingkuh Sama Lady Diana, Buka Suara Soal Kemiripan Pangeran Harry

Mulyadi Nurdin, Lc, MH
Mulyadi Nurdin, Lc, MH (IST)

1. Bertamu merupakan bagian dari silaturrahim yang dianjurkan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa ingin dibentangluaskan rezekinya, dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia bersilaturahim.” (HR Bukhari)

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menyambung silaturahim.’’ (HR Bukhari).

Diriwayatkan dalam Hadis Tabrani, bahwa ketika orang beriman bertemu orang beriman yang lain, lalu mengucapkan salam dan berjabat tangan, maka rontoklah dosa-dosa keduanya.

Baca: Polos Banget, Anak Anang-Ashanty, Arsy Mendadak Ungkap Kekecewaan pada Jokowi Karena Hal Ini

2. Memberi salam dan minta izin masuk

Dari Kildah ibn al-Hambal RA, ia berkata: “Aku mendatangi Rasulullah SAW lalu aku masuk ke rumahnya tanpa mengucap salam. Lalu Rasulullah SAW bersabda: "Keluarlah dan ucapkan: Assalamu’alaikum, boleh aku masuk?’," (HR. Abu Daud dan Tirmidzi berkata: Hadits Hasan)

Baca: Jet Tempur F-15 AS Terjun ke Laut Okinawa

3. Minta izin cukup tiga kali

Halaman
1234
Editor: asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved