Kenali Lebih Dekat dengan Penyakit Gagal Ginjal 'The Silent Killer'

Sering sekali penderita tidak merasakan gejala tertentu hingga penyakit sudah memasuki stadium lebih lanjut dan fungsi ginjal menurun.

Kenali Lebih Dekat dengan Penyakit Gagal Ginjal 'The Silent Killer'
Istimewa
Ilustrasi gagal ginjal 

BANGKAPOS.COM - Penyakit gagal ginjal kerap sekali disebut dengan silent killer. Sering sekali penderita tidak merasakan gejala tertentu hingga penyakit sudah memasuki stadium lebih lanjut dan fungsi ginjal menurun.

Keterlambatan deteksi dan penanganan penyakit gagal ginjal menyebabkan angka kematiaan akibat gagal ginjal kronis di beberapa Negara masih tinggi.

Di Indonesia jumlah penderita penyakit gagal ginjal kronis juga cukup banyak, menurut data World Health Organization (WHO) pada 2014 menyebutkan kematian akibat penyakit ginjal kronis mencapai 2,93 % populasi atau sekitar 41.000 orang.

APA ITU GAGAL GINJAL?

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang , tepatnya di atas pinggang yang bentuknya seperti kacang.

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi untuk menyaring darah dengan mencegah menumpuknya limbah dan mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh tetap stabil, serta memproduksi hormone dan enzim yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah, dan menjaga tulang tetap kuat.

Jadi, gagal ginjal itu adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa makanan, tidak mampu mengontrol jumlah air dalam tubuh, dan tidak bisa mengendalikan tekanan darah.

Saat kondisi seperti ini terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya menumpuk di dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan fatal jika tidak diobati. Hal ini yang nantinya akan membuat masalah bagi kesehatan anda.

Menurut kamus kesehatan gagal ginjal itu dibagi 2 macam, yaitu :

- Penyakit gagal ginjal akut (GGA), dimana kondisi ini terjadi saat ginjal anda secara tiba-tiba mengalami kerusakan mendadak sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Berkembang dalam beberapa hari atau beberapa minggu.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved