Tribun Wiki

Wisata Bangka - Daftar Tarian Adat Bangka Belitung dan Kisah di Baliknya

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah rumpun melayu yang kaya akan kesenian dan kebudayaan.

Wisata Bangka - Daftar Tarian Adat Bangka Belitung dan Kisah di Baliknya
instagram/genpibangkabelitung
tari sekapur sirih bangka

BANGKAPOS.COM-Bangka Belitung dikenal sebagai daerah rumpun melayu yang kaya akan kesenian dan kebudayaan. Salah satunya dituangkan dalam Seni Tari. Adapun beberapa jenis tarian yang sering dikenal oleh masyarakat Bangka Belitung adalah sebagai berikut:

1. Tari Sambut

Tarian ini adalah yang paling sering kita jumpai. Biasanya tarian ini kerap dilakukan untuk menyambut tamu yang datang pada suatu acara. Baik acara perkantoran, kunjungan tamu penting ataupun dalam acara pernikahan dan lain sebagainya.

2. Tari Campak

Tari Campak melambangkan pergaulan di lingkungan muda mudi Bangka Belitung. Tarian biasanya dibawakan oleh penari pria dan wanita dengan ekspresi dan gerakan yang semuanya menggambarkan ekspresi kegembiraan.

Tarian ini lebih sering ditampilkan dalam acara menyambut tamu besar, pernikahan dan beberapa acara penting lainnya.

3. Tari Sepen
Gerakan tarian yang satu ini memiliki unsur pencak silat dalamnya. Untuk gerakan dalam tarian Bangka Belitung ini terlihat sangat lincah khususnya pada gerakan tangan dan kaki.

Tarian ini juga biasanya dilakukan pada saat menyambut kedatangan tamu besar. Tarian ini bisa dilakukan oleh para wanita saja atau bersama dengan para lelaki.

4. Tari Kedidi

Gerakan tari Kedidi ialah menggambarkan gerakan dari burung kedidi yang berwarna putih, paruhnya seperti bebek dan memiliki ekor yang bergerak-gerak.

Halaman
123
Penulis: Putrie Agusti Saleha
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved