VIDEO : KUA Gabek MoU dengan Puskesmas Selindung Periksa Kesehatan Catin Gratis

Penandatanganan MoU dilakukan Kepala KUA Kecamatan Gabek, Markus dengan Kepala UPT. Puskesmas Selindung, Emi Yuliani

BANGKA POS.COM, PANGKALPINANG -- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama dengan Puskesmas Selindung Pangkalpinang dalam pelaksanaan konseling dan pemeriksaan kesehatan reproduksi bagi para calon pengantin (Catin), Selasa (16/04/2019) di Kantor KUA Kecamatan Gabek.

Penandatanganan MoU dilakukan Kepala KUA Kecamatan Gabek, Markus dengan Kepala UPT. Puskesmas Selindung, Emi Yuliani, disaksikan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, H Firmantasi.

Kepala KUA Gabek, Markus mengatakan MoU ini berisikan tentang kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai pentingnya pemberian materi dan bimbingan kesehatan reproduksi, serta pemeriksaan kesehatan bagi para calon pengantin.

“Tujuan MoU adalah untuk meningkatkan pengetahuan bagi para calon pengantin tentang pentingnya usia yang cukup untuk melaksanakan pernikahan dari segi kesehatannya, baik tentang reproduksi, kehamilan, persalinan dan KB,” katanya.

Ditambahkannya, sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Dirjen Bimas Islam Nomor. 542 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pranikah atau Bimbingan Pranikah untuk diberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan menumbuhkan kesadaran kepada remaja usia nikah tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga dan hal inilah yang melatarbelakangi ditandatanganinya MoU ini.

“Kami berharap dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut maka seluruh catin yang mengikuti bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Gabek, bukan hanya mendapatkan materi tentang masalah keagamaan saja, tapi juga akan mendapatkan materi tentang kesehatan reproduksi dan pemeriksaan kesehatan dari Puskesmas Selindung,” harapnya.

Sementara Kepala UPT. Puskesmas Selindung, Emi Yuliani mengatakan MoU ini dimaksudkan untuk membuktikan secara tertulis adanya kerja sama antara KUA Gabek dengan Puskesmas Selindung dalam hal pemberian konseling dan pemeriksaan kesehatan guna mendapatkan catin yang sehat dan benar-benar siap dalam menempuh kehidupan berumah tangga.

“Untuk pemeriksaan kesehatan bagi para catin meliputi pemeriksaan HB, golongan darah, tinggi badan, berat badan, pemeriksaan HIV, syphilis, hepatitis dan tes kehamilan, akan dilaksanakan langsung di Puskesmas Selindung dan tanpa dipungut biaya alias gratis," tegasnya. (edw)

Penulis: tidakada021
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved