Info Kesehatan

Ini yang Terjadi Pada Usus Saat Menjalani Diet Paleo, Riset Dari Australia Temukan Fakta Baru

Riset dari Australia membuktikan mereka yang menjalani diet paleo memiliki tingkat biomarker darah yang tinggi

Ini yang Terjadi Pada Usus Saat Menjalani Diet Paleo, Riset Dari Australia Temukan Fakta Baru
sajiansedap.grid.id
Diet paleo menerapkan larangan untuk mengonsumsi karbohidrat dan gula olahan, serta berfokus pada konsumsi daging, sayur, dan buah. 

BANGKAPOS.COM-- Selain diet rendah karbohidrat, diet paleo juga diklaim ampuh untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, jenis diet ini menjadi "jurus" para bidadari "Victoria's Secret" untuk mendapatkan dan menjaga tubuh indahnya.

Sayangnya, riset dari Australia yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, membuktikan mereka yang menjalani diet paleo memiliki tingkat biomarker darah yang tinggi.

Tingginya tingkat biomarker darah ini terkait dengan penyakit jantung. Diet paleo juga berefek negatif bagi kesehatan usus.

Menurut peneliti, temuan ini menimbulkan beberapa tanda bahaya tentang diet paleo. Pola diet semacam ini diklaim para peneliti tidak menjamin kesehatan kita.

Diet paleo memang menerapkan larangan untuk mengonsumsi karbohidrat dan gula olahan, serta berfokus pada konsumsi daging, sayur, dan buah. Diet ini juga melarang konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. 

Tentunya, hal tersebut sangat bagus untuk kebugaran tubuh kita. Namun, diet ini juga melarang konsumsi produk susu, biji-bijian utuh, dan gandum.

Pola diet ini memang masih menjadi kontroversi. Pasalnya, beberapa penelitian menunjukkan diet paleo dapat melindungi diri dari serangan jantung dan diabetes. Namun, beberapa riset justru mengklaim hal sebaliknya.

Riset terbaru ini dipimpin oleh ilmuwan Angela Genoni dan dilakukan dalam periode waktu satu tahun.

Dalam riset ini, peneliti mengumpulkan biologis dari peserta yang terbagi dalam dua, yaitu 22 orang yang mengonsumsi kurang dari satu porsi biji-bijian dan susu per hari dan 22 orang yang mengonsumsi lebih dari satu porsi biji-bijian dan susu per hari.

Halaman
123
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved