HUT Kemerdekaan RI

Sejarah Paskibraka Bermula Saat Soekarno Minta Ajudan Cari Cara Peringati Detik-detik Proklamasi

Sejarah paskibraka dimulai pada tahun 1946 Presiden Soekarno memanggil ajudannya saat itu Mayor (Laut) M. Husein Mutahar.

Sejarah Paskibraka Bermula Saat Soekarno Minta Ajudan Cari Cara Peringati Detik-detik Proklamasi
Warta Kota/henry lopulalan
Anggota Paskibraka 2016 yang bertugas untuk pengibaran Bendera Sangsangka Merah Putih dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 berikrar di hadapan Presiden RI Joko Widodo, Senin (15/8/2016) di Istana Negara, Jakarta Pusat. 

BANGKAPOS.COM - Paskibraka atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka umumnya berisi sekumpulan pelajar kelas 10 dan 11 yang bertugas untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka.

Tugas mereka selalunya dilaksakan pada saat memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu setiap tanggal 17 Agustus tiap tahunnya.

Penugasan paskibraka di bagi kepada tiga tempat.

Kabupaten/kota dimana pelaksanaannya di Kantor Bupati/Walikota, Provinsi yang dilakukan di Kantor Gubernur, serta yang paling prestisius dan idaman calon paskibraka adalah di tingkat nasional.

Dilaksanakan bersama presiden di Istana Negara.

Seleksi penerimaan dimulai sejak bulan April untuk persiapan upacara 17 agustus.

Video Viral Siswa Gagal Jadi Paskibra karena Anak Pejabat, Fakta Baru Terungkap

  • Sejarah

Sejarah paskibraka dimulai pada tahun 1946 Presiden Soekarno memanggil ajudannya saat itu Mayor (Laut) M. Husein Mutahar.

Presiden Soekarno memerintahkan untuk melakukan persiapan upacara detik-detik proklamasi yang akan diadakan di Yogyakarta pada saat itu.

Tepatnya di istana Presideng Gedung Agung Yogyakarta.

Atas perintah langsung presiden, Mayor (Laut) M. Husein Mutahar bersiap mencari cara memperingati detik-detik proklamasi.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved