Berita Pangkalpinang

Simulasi CAT CPNS Dibuka, Catat Tanggal Pelaksanaannya

Jelang seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diestimasikan Oktober mendatang.

Simulasi CAT CPNS Dibuka, Catat Tanggal Pelaksanaannya
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Peresmian Kantor UPT BKN Pangkalpinang, Rabu (14/8/2019) lalu dilanjutkan peninjauan lab komputer oleh Kepala BKN Republik Indonesia, Bima Haria Wibisana, didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil 

BANGKAPOS.COM-- Jelang seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diestimasikan Oktober mendatang. Badan Kepegawaian Negara memberikan simulasi Computer Assited Tes (CAT) untuk calon peserta. Begitu juga dengan UPT BKN Pangkalpinang yang belum lama ini diresmikan, turut mengadakan simulasi CAT.

Kepala UPT BKN Pangkalpinang, Yanuar Wigiyanto, membeberkan, pelaksanaan simulasi CAT dilakukan selama dua hari pada 22 hingga 23 Agustus. Namun terlebih dahulu, calon peserta harus melakukan pendaftaran melalui fanpage facebook UPT BKN Pangkalpinang, dengan mengklik link pendaftaran yang tersedia dilaman tersebut. Calon peserta cukup mengisi identitas diri seperti nama, NIK maupun jurusan.

Pendaftaran ditutup Selasa (20/8/2019) besok dan pengumuman calon peserta yang lolos dan bisa mengikuti tes diumumkan pada Rabu (21/8/2019). Bisa diakses melalui fanpage dan dikirimkan ke email calon peserta.

"Sesuai dengan motto HUT RI, SDM unggul Indonesia maju. Untuk mendapatkan SDM unggul, BKN menjaring CPNS berkualitas dengan membantu memberikan simulasi CAT. Memudahkan calon peserta agar lebih familiar mengoperasikan komputer," kata Yanuar ditemui di UPT BKN Pangkalpinang, Senin (19/8/2019).

CAT yang berlangsung di UPT BKN Pangkalpinang di Kelurahan Air Salemba, Kecamatan Gabek (eks gedung universitas terbuka), terbagi dalam empat sesi untuk satu hari. Yanuar menyebut, jadwal pelaksanaan menyesuaikan jumlah peserta. UPT BKN Pangkalpinang menyediakan 50 unit komputer untuk pelaksanaan tes. Peserta yang mengikuti CAT cukup membawa fotokopi KTP saat registrasi ulang.

Yanuar mengatakan, untuk soal dan waktu pengerjaan masih disesuaikan dan terlebih dahulu berkoordinasi dengan BKN berapa waktu yang diperlukan. Namun berbeda dengan tes CPNS sesungguhnya yang memakan waktu 90 menit dengan bobot soal 100. Simulasi hanya memakan waktu lebih sedikit dibandingkan tes CAT CPNS sesungguhnya.

"Soal-soalnya lebih mengarah pada SKD (seleksi kemampuan dasar). Ada TWK, TIU dan TKP. Namun diingatkan kepada calon peserta saat pendaftaran harus mengisi identitas diri yang valid dan lengkap agar bisa terbaca sistem dan lolos ditahap pendaftaran," saran Yanuar.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved