Ternyata Ini Asal Usul Nama Indonesia dari Catatan Bung Hatta Sampai Peran STOVIA

Indonesia punya sejarah panjang, tak begitu saja diterima, melewati banyak peristiwa melibatkan banyak pemuda, sampai diproklamasikan sebagai negara

Ternyata Ini Asal Usul Nama Indonesia dari Catatan Bung Hatta Sampai Peran STOVIA
Dok. Kompas
UPACARA penaikan bendera Sang Saka Merah Putih di halaman gedung Pegangsaan Timur 56 (Gedung Proklamasi). Tampak antara lain Bung Karno, Bung Hatta, Let Kol Latief Hendraningrat (menaikkan bendera), Ny Fatmawati Sukarno, dan Ny SK Trimurti. 

NAMA Indonesia, dari mana asalnya? Ada banyak versi dan sempat simpang siur. Lalu, apa pula kaitannya STOVIA yang adalah sekolah calon dokter dengan asal-usul Indonesia?

Adalah Mohammad Hatta yang jauh-jauh hari telah "merekap" asal-usul nama Indonesia di tengah sejumlah pro-kontra penggunaannya. .

Salah satu proklamator ini ketika bersekolah di Belanda, menulis artikel di media De Socialist edisi Nomor 10 terbitan 3 Desember 1928. Judul aslinya, Over de naam Indonesie.

Penerbit Kompas memunculkan kembali artikel yang sama pada 2015, menggunakan judul "Tentang Nama Indonesia".

Tulisan Hatta dalam versi lansiran Penerbit Kompas merupakan satu dari 36 artikel dalam buku Mohammad Hatta: Politik, Kebangsaan, Ekonomi (1927-1977).

Asal-usul nama

Hatta menyusun artikel itu semula sebagai tangkisan terhadap sejumlah kelompok yang tak menyukai penggunaan nama Indonesia untuk cikal bakal negara ini. Ingat, 1928 adalah tahun yang sama dengan peristiwa Sumpah Pemuda, ikrar yang telah memakai kata Indonesia.

"Hanya mereka yang keberatan terhadap kemerdekaan segera Indonesia mencap (buruk) nama tersebut, yang mengandung gagasan kemerdekaan sebagai 'kata yang mengerikan'," kecam Hatta di bagian menjelang akhir tulisan tersebut.

Dalam artikel tersebut, Hatta dengan runut dan renyah bertutur soal sejarah nama Indonesia

Pertama, Hatta mengoreksi kredit yang sempat dilekatkan kepada orang Jerman bernama Adolf Bastian soal asal-usul penamaan Indonesia.

Halaman
1234
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved