Ujian Nasional 2020

Kisi-kisi UNBK 2020 Lengkap Tips Mengerjakan Ujian Nasional

BSNP telah merilis kisi-kisi UN ( Ujian Nasional) dan kisi-kisi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA untuk tahun pelajaran 2019/2020

Kisi-kisi UNBK 2020 Lengkap Tips Mengerjakan Ujian Nasional
Tribunnews/Jeprima
Sejumlah siswa belajar bersama sebelum mengikuti Ujian Nasional Bersama Komputer (UNBK) di SMPN 1, Cikini, Jakarta Pusat. 

BANGKAPOS.COM - Sejak 2014, Ujian Nasional dilaksanakan secara online dan terbatas hanya di beberapa SMA, Ujian secara online ini disebut UNBK.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Dilansir dari unbk.kemdikbud.go.id, penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline.

Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah merilis kisi-kisi UN ( Ujian Nasional) dan kisi-kisi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) SMA untuk tahun pelajaran 2019/2020 setelah sebelumnya menetapkan jadwal resmi pelaksanaan UN tahun ajaran 2019/2020.

BSNP merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Mendikbud Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional

Selain jadwal dan prosedur operasional standar (POS) UN, BSNP juga telah menetapkan kisi-kisi UN dan UNBK dari jenjang SMA/MA.

Kisi-kisi UN SMA terdiri atas beberapa mata pelajaran yang diujikan jenjang SMA untuk semua jurusan/peminatan di antaranya:

Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SMA 2019/2020

Kisi-kisi UN Matematika SMA 2019/2020

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved