WIKI BANGKA

Omah Joglo Pawon Denok, Andalkan Bakwi Jowo

Omah Pawon kerap dijadikan tempat makan nostalgia bagi perantauan jawa yang tinggal di Bangka

Omah Joglo Pawon Denok, Andalkan Bakwi Jowo
Bangkapos/Cici Nasya Nita
Bakmi jowo 

Omah Joglo Pawon Denok, Tombo Kangen Wong Jowo

BANGKAPOS.COM--Tombo Kangen Wong Jowo (obat rindu orang Jawa). Begitu kata pemilik Omah Joglo Pawon Denok, Utami saat Bangkapos.com menyambangi rumah makan yang berlokasi di Bukitbesar, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung tidak jauh dari kantor KPU.

"Omah Pawon kerap dijadikan tempat makan nostalgia bagi perantauan jawa yang tinggal di Bangka," kata Utami, Kamis (8/1/2020).

Omah joglo
Ornamen lampu dan bangunan Omah joglo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

Nuansa jawa begitu terasa saat memasuki rumah makan ini, dendang musik jawa diputar untuk menambah kehangatan sembari menikmati deretan menu yang ditawarkan.

Utami mengaku tak mau tanggung-tanggung melakoni usaha kuliner ini, terlebih tak banyak orang yang memilih jualan masakan khas Jawa. Untuk itu pula Utami berupaya semaksimal mungkin menyulap rumah makan ini menjadi tempat makan yang punya nuansa berbeda, seperti layaknya makan di kota Istimewa Yogyakarta.

Bangunan rumah makan ini mengadopsi konsep rumah joglo, sejumlah ornamen termasuk kayu-kayu jati didatangkan dari Yogyakarta.

Gudeg lengkap
Gudeg lengkap (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

Tempat makan yang nyaman didukung dengan sajiannya yang lezat. Omah Pawon mengandalkan menu utama bakmi jowo. Musim hujan paling pas menyantap sepiring bakwi jowo dengan kuah panas. Bakwi jowo adalah olahan mie rebus khas Yogyakarta.

Bakmi jowo
Bakmi jowo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)
Foto bakmi goreng jowo
Foto bakmi goreng jowo (Bangkapos/Cici Nasya Nita)

Menurut Utami bakmi jowo bukanlah mie rebus biasa. Isiannya beragam meliputi telur bebek/ayam kampung, daging ayam suwir, kubis, daun bawang dan taburan daun seledri, bawang goreng dan cabai rawit. Siapa yang tak tergoda untuk menghabisinya? Dari sisi rasa bakwi jowo Omah Pawon sukses menyajikan kuliner jawa sesungguhnya, rasa manis gurih berpadu kuah panas menjadi santapan terlezat.

Cukup membayar Rp 18 ribu untuk variasi telur bebek dan Rp 15 ribu untuk variasi telur ayam sudah bisa merasakanya nikmatnya bakmi jawa.

Utami berkeyakinan bakwi jowo bisa diterima semua kalangan, apalagi menu ini dijamin halal 100 persen. Semua bahan bakunya juga dipilih yang terbaik.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved