WIKI BANGKA

Beli Ikan Koi Baru Wajib Dikarantina, Berikut Tips-Tips Karantina Ikan

Asrul juga mengatakan jika biasanya ikan yang dijual di toko ikan hias akan mengalami stres tinggi. Dikarenakan tempatnya yang padat dan filter

Beli Ikan Koi Baru Wajib Dikarantina, Berikut Tips-Tips Karantina Ikan
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Ikan koi yang sehat, yang sudah melewati proses karantina. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bagi pecinta ikan koi tentunya nggak asing lagi dong dengan kata karantina, yang mana proses karantina ini dianggap sangat penting bagi anda yang baru saja membeli ikan baru sebelum dimasukkan ke kolam ikan anda.

Tentunya para pecinta koi nggak mau kan kalau ikan yang baru saja dibeli tadi stres yang bisa menyebabkan kematian, atau yang lebih parahnya lagi gara-gara ikan baru yang tidak dikarantina menyebabkan para penghuni lama kolam juga ikut-ikutan mati.

Menurut pembudidaya koi di Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah Asrul Roni, sebelum kita memasukkan ikan baru ke dalam kolam, terlebih dahulu ikan yang kita beli tadi harus diadaptasikan di lingkungan barunya.

Asrul juga mengatakan jika biasanya ikan yang dijual di toko ikan hias akan mengalami stres tinggi. Dikarenakan tempatnya yang padat dan filter yang kurang maksimal.

Ikan koi yang sehat, yang sudah melewati proses karantina.
Ikan koi yang sehat, yang sudah melewati proses karantina. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Sehingga ketika ikan yang dibeli tersebut dibungkus dan mendapatkan guncangan ketika diperjalanan tingkat stres ikan tersebut akan kembali meningkat.

"Yang harus diadaptasi seperti suhu dan PH air, karena perubahan yang ekstrim dalam waktu yang dekat akan membuat ikan menjadi stres, misalkan perubahan suhu air yang di tempat lama 27 derajat, ketika dipindahkan ke tempat baru menjadi 22 derajat, itu bisa membuat ikan kaget," ujar Asrul.

Ikan yang stres akan menyebabkan imun atau kekebalan di dalam tubuh ikan tersebut menjadi menurun, yang menyebabkan banyak bakteri dan penyakit mudah menyerang.

Sehingga menurut Asrul cara yang paling tepat sebelum memasukan ikan baru ke dalam kolam, ikan tersebut harus dikarantina terlebih dahulu, dengan tujuan dilakukan pengawasan sampai ikan tersebut bisa kembali sehat, setidaknya selama satu minggu.

Saat dikarantina pastikan menggunakan air yang bersih, dan siapkan obat-obatan jika dirasa ikan yang baru saja dibeli tadi mengalami stres berat, atau setidaknya berikan garam khusus untuk ikan.

"Manfaat garam ikan itu ialah mengembalikan kadar garam yang terlepas dari tubuh ikan, karena saat ikan tersebut stres kadar garam dalam tubuh ikan akan lepas," jelasnya

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved