Susul Namlung & ST, Durian Klamunod Diusulkan Jadi Varietas Unggul Nasional Ini Keistimewaannya

Tak cuma sekedar didaftarkan, durian Klamunod kini diusulkan menjadi varietas unggul nasional sama seperti durian Namlung

Susul Namlung & ST, Durian Klamunod Diusulkan Jadi Varietas Unggul Nasional Ini Keistimewaannya
istimewa, distan.babelprov.go.id
Durian Klamunod yang diusulkan jadi durian varietas unggul nasional 

Susul Namlung & ST, Durian Klamunod Diusulkan Jadi Varietas Unggul Nasional Ini Keistimewaannya

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Setelah Cumasi atau Namlung dan Super Tembaga menjadi durian varietas unggul nasional.

Kini Klamunod, durian lokal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diusulkan menjadi durian varietas unggul nasional.

Dilansir dari website distan.babelprov.go.id diketahui, Klamunod telah resmi terdaftar sebagai varietas lokal sejak tanggal 5 Desember 2018 yang lalu.

Pendaftaran tersebut ditandai dengan terbitnya Tanda Daftar Varietas Tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Nomor 874/PVL/2018.

Tak cuma sekedar didaftarkan, durian Klamunod kini diusulkan menjadi varietas unggul nasional sama seperti durian Namlung yang sejak tahun 2001 lalu telah menjadi  varietas unggul nasional.  

“Klamunod memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan,” kata Dr Panca Jarot Santoso, pemulia tanaman dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementerian Pertanian saat memberikan arahan singkat dalam rangka persiapan peredaran Durian Klamunod menjadi durian varietas unggul nasional di ruang kerja Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Selasa (29/1/2020) pagi.

Dr Panca Jarot Santoso merupakan pemulia tanaman dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Kementerian Pertanian yang berkantor di Solok Sumatera Barat.

Ia dipercaya memimpin tim uji dalam rangka persiapan peredaran Durian Klamunod menjadi varietas unggul nasional. 

Tim uji tersebut terdiri dari Tim Uji Kebenaran dan Tim Uji Keunggulan yang beranggotakan pejabat struktural dan pengawas benih tanaman dari UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pejabat struktural dan petugas yang menangani subsektor hortikultura dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat serta pejabat struktural dan pejabat fungsional dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Halaman
1234
Penulis: zulkodri
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved