Berita Pangkalpinang

Begini Nasib 6 Pemuda Pelaku Kekerasan Terhadap Penyu yang Sempat Viral

Keenam pelajar pelaku kekerasan terhadap penyu, satu diantara hewan langka yang dilindungi, kini telah menjalani masa pembinaan.

Begini Nasib 6 Pemuda Pelaku Kekerasan Terhadap Penyu yang Sempat Viral
Bangkapos.com/Ramandha
Kepala Divisi Rescue, Yayasan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi, Valen 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Keenam pelajar pelaku kekerasan terhadap penyu, satu diantara hewan langka yang dilindungi, kini telah menjalani masa pembinaan.

Namun, pembinaan terhadap para pelaku tersebut, bukanlah masa tahanan, melainkan mereka diminta untuk menjadi relawan.

Kepala Divisi Rescue, Yayasan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi, Valen, kepada Bangkapos.com mengatakan, keenam pelaku sempat menyesali tindakan mereka. Karena tindakan tersebut, mereka juga diwajibkan menjadi relawan konservasi di mitra kerja Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

PPS Alobi Kecam Tindakan Oknum Penyiksa Penyu di Pantai Pukan Bangka

Dia menuturkan, hukuman menjadi relawan diterapkan, agar para pelaku yang diketahui masih pelajar dapat lebih mengenal satwa dan tahu jika satwa juga berhak mendapatkan perlindungan serta kesejahteraan.

"Jadi mereka kemarin oleh DKP (Dinas Kelautan Perikanan), disuruh membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan. Lalu dari BKSDA, mereka diharuskan menjadi relawan selama 3 bulan," jelas Valen, Rabu (19/2/2020).

"Kalau di Alobi, mereka sudah bantu-bantu kita. Seperti sama-sama memberi pakan kepada hewan di sini," ucapnya.

Menurut Valen, pada intinya keenam pelaku merupakan anak yang baik. Namun, karena terbawa suasana saat mendapati ada seekor penyu terdampar di pantai, muncul lah keinginan mereka untuk berswafoto.

Ketika ingin mengabadikan momen tersebut, dikatakan Valen, mereka menahan Penyu itu agar berhenti dan tidak kembali ke laut.

"Tapi, cara mereka kemarin yang salah (menginjak) dan mereka tidak tahu juga Penyu itu hewan dilindungi. Akibatnya, mereka mendapat pembinaan," terangnya.

Penangkaran Penyu di Batavia Bangka Beach Diserbu Pengunjung

"Semoga ini bisa jadi pembelajaran bagi yang lainnya. Agar bisa memperlakukan hewan dengan baik. Sekali lagi, saya ingatkan, hewan juga berhak hidup sejahtera," pungkasnya.

Tangkapan layar video saat enam pelajar melakukan kekerasan terhadap penyu
Tangkapan layar video saat enam pelajar melakukan kekerasan terhadap penyu (ist/Tangkapan Layar Video)
Halaman
123
Penulis: Ramandha
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved