Breaking News:

Demo Mahasiswa UBB Ricuh

Begini Kata Mahasiswa Tentang Kronologi Ricuhnya Demo Mahasiswa UBB

Kericuhan demo atau unjuk rasa yang mengakibatkan 11 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) dan petugas keamananmengalami luka-luka.

Dok/Bersumber dari Adiyos
Satu mahasiswa UBB mengalami luka-luka saat aksi unjuk rasa ricuh, Kamis (19/3/2020) saat demo di Kampus UBB. 

Begini Kata Mahasiswa Tentang Kronologi Ricuhnya Demo Mahasiswa UBB

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kericuhan demo atau unjuk rasa yang mengakibatkan 11 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB)  dan petugas keamananmengalami luka-luka.

Gilang Virginawan, mahasiswa yang ikut demo dan Ex Dewan Perwakilan Mahasiswa menceritakan kronologi kericuhan terjadi.

"Jadi pertama tadi, penyampaian orasi dari perwakilan beberapa mahasiswa setelah itu dilanjutkan dengan aksi diam dari mahasiswa," kata Gilang saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, setelah itu pihak rektorat menanggapi dan menyampaikan bahwa tuntutan dari mahasiswa tetap ditolak.

"Disamping itu juga, pimpinan universitas seperti rektor tidak hadir dan juga ketua senat yang mengesahkan peraturan ini juga tidak hadir, kemudian ada aksi bakar dari kawan-kawan mahasiswa," sesal Gilang..

"Sementara itu aksi bakar ban dari undang-undang kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum tidak ada larangan. Dari pihak satpam langsung tiba-tiba melakukan penyerangan dan langsung terjadi kontak fisik dan kekerasan," ungkap Gilang.

Bahkan dikata oleh Gilang ada petugas keamanan yang membawa kayu untuk memukul mahasiswa.

"Yang jadi tuntutan kami ada tiga  point, pertama menuntut dicabutnya peraturan rektor nomor 2 tentang kemahasiswaan UBB, kedua menolak segala bentuk intervensi terkait pelaksaan kegiatan terkait kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan di UBB, dan ketiga dalam setiap pengambilan kebijakan yang berbicara tentang organisasi kemahasiswaan harus melibatkan organisasi kemahasiswaan itu sendiri," tegas  Gilang.

Mahasiswa UBB saat melakukan unjuk rasa aksi unjuk rasa  dicabutnya peraturan rektor nomor 2 tentang kemahasiswaan UBB, Kamis (19/3/2020) di depan Gedung Rektorat UBB
Mahasiswa UBB saat melakukan unjuk rasa aksi unjuk rasa dicabutnya peraturan rektor nomor 2 tentang kemahasiswaan UBB, Kamis (19/3/2020) di depan Gedung Rektorat UBB (Ist/Gilang)

Adu Jotos Mahasiswa dengan Pihak Keamanan Kampus

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved