Breaking News:

Pemkab Bangka Barat Siapkan Anggaran hingga Rp 24,1 Miliar Hadapi Covid-19

Pandemi Corona (COVID-19) telah mewabah ke sejumlah daerah di Indonesia

Ist
Bupati Markus saat bersama Kepala BPKAD, Abimanyu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pandemi Corona (COVID-19) telah mewabah ke sejumlah daerah di Indonesia. Beberapa pemerintah daerah pun menyiapkan anggaran khusus penanganan bencana non alam ini tak terkecuali Pemkab Bangka Barat.

Tak tanggung-tanggung Pemda yang dipimpin Bupati Markus ini menganggarkan dana hingga Rp 24,1 miliar demi memerangi corona di daerah itu. Nominal anggaran covid-19 ini disepakati setelah tim anggaran pemda menggelar rapat pembahasan dengan banggar DPRD, Kamis (2/4).

Kepala badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD) Bangka Barat Abimanyu menjelaskan, anggaran yang disepakati ini bersumber dari refocusing kegiatan dan realokasi APBD yang ada guna mempercepat penanganan COVID-19. Baik terkait dengan isu-isu kesehatan maupun yang terkait dengan isu-isu ekonomi.

"Anggaran ini sebagai bagian dari antisipasi kita bukan hanya bagi yang terpapar tapi juga masalah pencegahan hingga dampaknya terhadap masyarakat. Semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dan warga Bangka Barat tak ada satu pun yang terpapar," kata Abimanyu dikonfirmasi, Jumat (3/4) siang.

Menurut Abimanyu, sumber dana yang dianggarakan tersebut sebagian besar dari APBD dan sebagain kecil dari DAK non fisik.

"Sementara terkait anggaran ini kita siapkan untuk durasi 4-6 bulan ke depan. Kalau seandainya wabah ini masih juga terus berlanjut kita akan susun APBD lagi," tandasnya.

Seperti diketahui, sejauh ini pemkab Bangka Barat tak tinggal diam namun telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona di wilayahnya.

Langkah pertama dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pemkab Babar juga telah melakukan penyemprotan disinfektan, pemasangan spanduk berisi imbauan pemerintah, pemasangan tempat cuci tangan di berbagai tempat publik dan edaran shift kerja bagi PNS dan PHL.

[Humas Bangka Barat]

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved