Virus Corona di Bangka Belitung

15 Anggota Keluarga Pasien Positif Covid-19 yang Meninggal Dunia Akan Jalani Swab Kedua

Meski dinyatakan negatif pada swab awal, tim gugus akan melakukan pengambilan swab kedua untuk memastikan lebih dalam penularan virus

Bangkapos/irakurniati
Waka Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, dr Masagus Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 15 orang anggota keluarga pasien S masih menjalani isolasi mandiri di rumah meskipun hasil swab pertama mereka negatif.

Pasien S terkonfirmasi positif covid-19 dan telah meninggal dunia beberapa waktu lalu dengan diagnosa syok septik serta komplikasi.

Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, dr Masagus Hakim menjelaskan, swab kontak erat dengan pasien positif harus dilakukan minimal dua kali dihari ke 10 atau 14 selama rentang masa isolasi mandiri.

Hakim menuturkan, meski dinyatakan negatif pada swab awal, tim gugus akan melakukan pengambilan swab kedua untuk memastikan lebih dalam penularan virus tersebut.

"Nanti rencananya mau diambil lagi, karena bisa jadi belum 14 hari selesai karantina hasil swab sudah negatif dan muncul dihari terakhirnya malah positif. Untuk memastikan lebih dalam diambil swab keduanya," kata dr Hakim, Senin (29/6/2020).

Dia mengatakan, selama isolasi mandiri Pemerintah Kota Pangkalpinang tidak menganggarkan untuk bantuan sosial selama di rumah.

Namun untuk menyediakan kebutuhan makan dan minum serta vitamin saat isolasi, Hakim menuturkan, orang yang menjalani isolasi mandiri dikarantina di LPMP Bangka Belitung karena pemkot menganggarkan bantuan makan minum untuk yang dikarantina di gedung disediakan pemkot.

"Kalau isolasi mandiri di rumah memang tidak ada bantuan sosial. Misalnya mereka mau ditanggung makan dan minumnya, karantinanya di LPMP. LPMP itu bukan cuma untuk pasien positif saja, tapi untuk orang yang menjalani isolasi dan ingin biaya sehari-harinya makan ditanggung," kata Hakim.

* Perawat dan Istrinya Positif Covid-19

Pasangan suami istri di Kota Pangkalpinang terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (29/6/2020).

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved