Breaking News:

Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya

Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya

Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - alika-25-berpose-di-rumahnya-si-mata-biru-okee.jpg
ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA
Alika (2,5) berpose di rumahnya, di Jorong Padang Data, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Taah Datar, Sumatera Barat.
Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - alika-25-berpose-di-rumahnya-si-mata-biru-okee-1.jpg
ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA
Alika (2,5) berpose di rumahnya, di Jorong Padang Data, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Taah Datar, Sumatera Barat, Selasa (20/10/2020). Alika memiliki sepasang iris mata bewarna biru. (ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA)
Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - sahara-amelia-12-berpose-di-rumahnya-si-mata-biru-oke.jpg
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Sahara Amelia (12) berpose di rumahnya, di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.
Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - surya-lestari-25-berpose-di-rumahnya-si-mata-biru-okee.jpg
ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA
Surya Lestari (25) berpose di rumahnya, di Jorong Bukit Gombak, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.
Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - restu-ayu-29-berpose-di-rumahnya-si-mata-biru-oke.jpg
ANTARAANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA
Restu Ayu (29) berpose di rumahnya, di Sumatera Bara.
Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya - restu-ayu-29-si-mata-biru-okee.jpg
ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA
Restu Ayu (29) (ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA)

Sederet Potret Orang-orang Bermata Biru dari Minangkabau, Begini Sejarahnya

BANGKAPOS.COM -- Di Indonesia, diketahui tidak ada suku asli yang memiliki mata biru, biasanya mereka yang bermata biru didapatkan dari keturunan bangsa luar negeri.

Namun di Sumatera Barat, orang-orang yang bersuku Minangkabau itu memiliki mata biru yang merupakan turunan dari keluarga mereka.

Mereka adalah orang-orang yang memiliki sindrom Waardenburg, sindrom langka yang menyebabkan gangguan pendengaran, perubahan warna mata, kulit, rambut, dan bentuk wajah.

Orang dengan kondisi ini biasanya memiliki iris mata berwarna biru atau berbeda warna (Heterokromia iridium), seperti satu biru dan satu hitam atau coklat.

Nama sindrom ini diambil dari nama D.J. Waardenburg, dokter mata asal Belanda yang pertama kali mengidentifikasinnya pada tahun 1951.

Baca juga: Tujuh Film & Drama Korea Terbaru yang Siap Tayang di Netflix, The Call Hingga Lovestruck in the City

Baca juga: Satu Persatu Terungkap, Posisi TV di Video Syur Mirip Gisel Disorot Pakar, Abimanyu: Janggal Sih

Baca juga: Sudjiwo Tedjo Tanggapi TNI Cabut Baliho Rizieq: Sebaiknya Diturunkan juga Untuk Bereskan Korupsi

Dokter Alana Biggers, lulusan Universitas Illinois Chicago, Amerika Serikat mengatakan, Sindrom Waardenburg adalah kondisi genetik langka, yang hanya diderita oleh 1 dari 40.000 orang di dunia.

Orang dengan sindrom ini biasanya mengalami gangguan pendengaran di salah satu maupun di kedua telinganya.

Selain itu mereka juga tidak mampu melihat cahaya yang sangat terang, tapi bisa melihat benda meskipun dalam kondisi gelap.

Seperti yang dialami dua anak laki-laki di Jorong Kubang Rasau, Nagari Balai Panjang, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat. Fahri (9) dan Gofar (4), keduanya memiliki warna iris mata biru, dan sebelahnya berwarna cokelat.

Halaman
1234
Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved