Breaking News:

Human Interest Story

Berbagi Shift dengan Sang Kakak, Simiang 34 Tahun Tekuni Bisnis Service Jam

Di tengah era industri digital bisnis reparasi jam atau service jam masih fokus ditekuni oleh Simiang (48), warga Semabung Baru. 

Bangkapos.com/Sela Agustika
Simiang (48) jasa service jam di depan toko sepeda di kawasan pusat perbelanjaan Bangka Trade Center (BTC). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Di tengah era industri digital bisnis reparasi jam atau service jam masih fokus ditekuni oleh Simiang (48), warga Semabung Baru, Kota Pangkalpinang

Bukan sebuah toko besar,berada tepi jalan tepatnya di depan toko sepeda di kawasan pusat perbelanjaan Bangka Trade Center (BTC) menjadi lapak usaha service jam yang sudah 34 tahun digelutinya.

Bermodalkan sebuah etalase kaca dengan atap kanopi yang terbuat dari triplek sebagai pelindung panas dan hujan ini menjadi ladang usahnya mengais rezeki setiap hari.

"Service jam ini sudah 34 tahun yang lalu saya tekuni. Dulunya saya masih mangkal di Pasar Lama, tetapi semenjak BTC ini buka baru pindah ke sini, dan syukurnya yang punya toko ini ngasih saya lapak untuk bisa usaha di sini tanpa dipungut biaya," kata Simiang saat ditemui Bangkapos.com.

Berbagai alat perlengkapan service, seperti pinset, batu baterai, tali jam dan lainnya tersedia di etalase.

Tidak memerlukan waktu lama, kurang dari lima menit ia bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada jam seperti baterai, kebesaran, dan lainnya.

"Kalau waktu ini tidak tentu juga tergantung kerusakannya, tetapi kalau hanya ganti baterai ini tidak sampai lima menit," ucapnya

Kelincahan tanggan dan ketekunannya dalam  menangani service jam ini ternyata sudah sejak kecil ia pelajari dari ayahnya yang dulunya juga mengeluti bisnis ini.

"Dulunya waktu masih SD saya memutuskan untuk tidak sekolah lagi dan saat itu say memilih untuk ikut ayah service jam. Dari sinilah saya lihat dan belajar hingga bisa memperbaiki jam," ucapnya.

Dia mengatakan usaha service jam ini menjadi usaha turunan yang juga digeluti oleh saudara-saudaranya.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved