Breaking News:

8 Kontainer Zirkon Batal Ekspor

BREAKING NEWS: Pengiriman Zirkon Batal, Kontainer Sudah Diangkut ke Kapal, Begini Perintah Gubernur

8 kontainer berisi 200 ton zirkon ini, telah dimuat ke atas kapal KM Trans Jaya dan akan dikirim ke Fujian China.

bangkapos.com
Delapan Kontainer bermuatan Zirkon saat diamankan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Minggu (4/4/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Rencana pengiriman ratusan ton mineral ikutan, zirkon, melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang Bangka Belitung (Babel), menyita perhatian berbagai pihak.

Tak terkecuali Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dan Kapolda Bangka Belitung Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat.

Bahkan, orang nomor satu di Bangka Belitung tersebut, memerintahkan pihak Kesahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pangkalbalam, menurunkan 8 kontainer yang berisi zirkon  yang diangkut dari salah satu gudang yang berada di RT 01 Dusun, Desa Pagarawan, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka tersebut.

Padahal sebelumnya, 8 kontainer berisi 200 ton zirkon ini, telah dimuat ke atas kapal KM Trans Jaya dan akan dikirim ke Fujian China.

Namun, Sabtu (3/4/2021) tadi malam, pihak KSOP meminta 8 kontainer yang telah dimuat ke atas kapal tersebut kembali diturunkan untuk dilakukan pemeriksaan dokumen dan material muatan oleh oihak Bea Cukai dan ESDM.

"Kontainer bermuatan zirkon itu tadinya memang sudah naik di atas kapal, cuma tadi malem kami  diperintahkan Pak Gubernur untuk menurukan kontainer itu agar dicek kembali," ujar Plt kepala KSOP kelas IV Pangkalbalam, Harlansyah, Minggu (4/4/2021)

Menurut Harlansyah, saat ini 8 kontainer bermuatan zirkon tersebut, masih ditahan di area Pelabuhan Pangkalbalam. Sementara, kapal Trans Jaya,  berlabuh di Amang Ular.

"Kalau kontainer kontainernya masih di pelabuhan, kalau kapalnya masih berlabuh di Perairan Amang Ular, " tegasnya.

Sementara Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat, telah meminta Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) untuk melakukan pengecakan terkait wacana ekspor zirkon tersebut.

"Sudah, akan dilakukan pengecekan," ujar Kapolda melalui pesan WA, Minggu (4/4/2021).(Bangkapos.com/Anthoni Ramli) 

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved