Breaking News:

Dialog Ruang Tengah

SMKN 2 Kota Pangkalpinang, Sekolah Unggulan dan Favorit Jadi Pilihan Tepat Generasi Hebat

SMKN 2 Pangkalpinang sedang menggelar tes penjurusan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021.

bangkapos.com
Tangkapan layar Dialog Ruang Tengah bersama Kepala SMKN 2 Kota Pangkalpinang Yulizarman, Senin (3/4/2021. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang pilihan tapat untuk generasi hebat, demikianlah motto yang ditegaskan Kepala SMKN 2 Kota Pangkalpinang Yulizarman dalam bincang Dialog Ruang Tengah bersama Bangka Pos, Senin (3/4/2021).

Kata Yulizarman, saat ini SMKN 2 Pangkalpinang sedang menggelar tes penjurusan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021. Selama tiga hari dengan dua tahapan.

Sebelumnya calon peseta didik baru mendaftarkan diri secara online di laman Http://pmb.smk2pangkalpinang.sch, lalu akan dilakukan tes tertulis yang juga secara daring dan tes wawancara.

Ada pula seleksi penerimaan menggunakan nilai raport, yaitu nilai Matematik dikalikan empat, nilai IPA dikali tiga, Bahasa Inggris dikalikan dua, dan Bahasa Indonesia dikalikan satu.

Sementara Jalur Afirmasi akan dilaksankan 02-07 Juni 2021, verifikasi data 8-10 Juni 2021, dan pengumuman 15 Juni 2021, daftar ulang 16-18 Juni 2021, pengumuman 06 Juli dan daftar ulang 07-09 Juli 2021.

"Kita memang mengambil langkah lebih awal, kita mengacu kepada program Gubernur Bangka Belitung mengikuti Programme for International Student Assessment (PISA) jadi itu adalah program penilaian pelajar secara besar tahap Internasional, ada tiga provinsi yang mengambil peran ini dan Bangka Belitung termasuk yang ketiga itu," ungkap Yulizarman.

Menurutnya, pelaksanaan PPDB ini dilaksanakan dalam rangka memilih input yang lebih baik. Sebab peminat SMKN 2 Pangkalpinang lebih besar dari yang dibutuhkan, dengan demikian SMKN 2 Pangkalpinang disebutkan sekolah favorit di Bangka Belitung.

Yulizarman mengatakan, setiap tahun saat PPDB yang mendaftar di SMKN 2 Pangkalpinang rata-rata di atas seribu orang. Sementara setiap tahunnya hanya menerima 15 kelas dengan 10 kompetensi keahlian, atau kira-kira 500-an peserta didik baru saja.

"Kalau seleksi kita memang yang pertama penjurusan di sana kita bisa mengetahui dimana anak ini mintanya, lalu seleksi pembobotan nilai penjumlahan itu lah yang nantinya akan kita rankingkan dan berdasarkan rekomendasi penjurusan tadi," jelasnya.

Adapun 10 kompetensi keahlian di SMKN 2 Pangkalpinang yaitu:

Halaman
123
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved